Kamis, 29 Desember 2016

Ziarah Ke Maqam Raden Sahid Moro Teko di Soko Medalem Senori

Sunan Kalijaga atau juga dikenal dengan nama Raden Sahid adalah putra dari Adipati Tuban Wilatikta. Setelah mengalami suluk mulai dari seorang berandal Lokajaya hingga akhirnya ia mendapatkan cahaya hikmah melalui perantara Kanjeng Sunan Bonang. 

Mantan berandal ini kemudian melakukan perjalanan njajah desa milang kori dari satu tempat ke tempat yang lain dalam rangka berdakwah mengislamkan masyarakat Jawa.

Dalam berdakwah Sunan Kalijaga tidak pernah menetap secara permanen dalam waktu yang sangat lama. Beliau banyak melakukan safari dakwah dari wilayah ke wilayah yang lain, sehingga tidak mengherankan jika di berbagai tempat terdapat petilasan atau bahkan maqam yang diklaim sebagai tempat peristirahatan terakhir dari sang Guru Sejati Tanah Jawa ini.

Masyarakat umum mengenal bahwa maqam Sunan Kalijaga berada di Kadilangu Demak, namun sejak kunjungan mantan presiden RI, KH. Abdurrahman Wakhid sekitar tahun 1999 ke sebuah maqam yang ada di wilayah Kab. Tuban, yaitu di Dusun Soko, Desa Medalem Senori dinyatakan di situ terdapat sebuah maqam yang juga diklaim sebagai maqamnya Kanjeng Sunan Kalijaga. Maqam itu oleh warga masyarakat dikenal dengan nama Maqam Raden Sahid Moro Teko, atau juga disebut sebagai Maqam Ploso Songo, karena terdapat sebanyak sembilan pohon Ploso. Namun sekarang pohonnya tinggal tujuh batang saja.

Kemarin  bersama keponakan saya, Rafiqul Islam (Afiq) dan juga Naila anak pertama saya, kami bertiga berziarah ke Maqam Sunan Kalijaga di Medalem. Di sana kami bertemu mbah Mariadi warga sekitar, beliau bercerita bahwa "Di Kadilangu itu Kantornya Sunan Kalijaga, sedang maqamnya ya di sini ini", kata mbah Mariadi.


Selain maqamnya Sunan Kalijaga, di sebelah baratnya terdapat maqam yang konon isteri beliau, yaitu Dewi Amirah. Dalam beberapa literatur saya sendiri belum menemukan nama istri Sunan Kalijaga yang bernama Dewi Amirah, sementara yang saya ketahui istri Sunan Kalijaga ada dua, pertama Dewi Sarokah binti Syarif Hidayatullah, dan Dewi Sarah binti Maulana Ishaq.

Sedang satu kilo meter dari maqam Ploso Songo di dusun Soko Medalem juga terdapat maqam adiknya Sunan Kalijaga yang bernama Dewi Rasa Wulan. Maqam itu berada di tengah hutan. Sayang saya belum berziarah ke sana.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar