Rabu, 17 Agustus 2016

Parade Gerak Jalan Tujuh Belasan

Parade Gerak Jalan Tujuh Belasan
Joyojuwoto*

Pagi itu Naila tampak sibuk, ia dan Uminya sedang mempersiapkan kostum untuk acara nanti siang. Hari itu adalah hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2016, sebenarnya sekolah Naila tidak libur namun karena siang harinya akan ada lomba Parade Gerak Jalan tingkat TK/RA sekecamatan Bangilan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang Ke 71 anak-anak TK Muslimat Bangilan diliburkan.

Naila sangat senang sekali tahun ini bisa mengikuti dan memeriahkan acara tujuh belasan, dulu saat duduk di TK kecil ia belum ikut gerak jalan, saat itu ia hanya kebagian menari di lapangan pada malam Agustusan. Naila tergabung dalam kelompok parade gerak jalan yang memakai seragam putih-putih di padu dengan topi laksamana. Dengan pin garuda di dadanya dan pita merah putih yang berada di lengannya Naila tampak anggun dan bersahaja.

“Untuk tampil di parade gerak jalan nanti Naila tidak usah ke salon ya” kata Umi Naila sambil merapikan baju laksamana yang dipakai Naila

“Ah Umi, !!! nanti kan tidak cantik kalau tidak ke salon, rengek Naila

“Naila kan udah cantik, tinggal dibedaki tipis-tipis jadi deh, Kata umi. “Nanti biar Bu Lek Olive yang merias Naila, sambungnya

“Ayo buruan nanti keburu siang”

Naila dan Uminya segera berangkat ke rumah Bu Lek Olive, ketepatan hari itu Bu Lek Olive berada di rumah. Parade gerak jalan akan dimulai siang bakda dhuhur, jadi masih ada waktu longgar bagi Naila untuk persiapan.

“Ee Naila kok pakai seragam putih-putih, mau sekolah ya ? Sapa Bu Lek Olive  ramah

“Libur Bu Lek sekolahnya, nanti Naila mau ikut parade gerak jalan, biar tampil cantik maukah bu Lek merias saya ? pinta Naila kepada Bu leknya.

“Owh...mau ikut merayakan tujuhbelasan ya Naila ? ok.. sini masuk, nanti bu lek rias deh.

“Wawa, mau ikut Mbak Naila gerak jalan, kata Wawa

Ok, nanti Wawa dan mbak Naila bu Lek rias, deh biar cantik-cantik semua.. kata bu Lek Olive.

Wawa adalah anak pertama bu Lek Olive, ia baru saja masuk play group. Wawa, Nafa, dan Naila biasa bermain bersama jika Naila dan Nafa berkunjung ke rumah bu Leknya yang ada di pasar Bangilan. Namun pagi itu Nafa tidak ikut, ia sedang berada di rumah mbahnya yang berada di Singsim. Naila tentu tidak ikut, karena ia harus mengikuti parade gerak jalan yang diadakan oleh pihak  Panitia Hari Besar Nasional kecamatan untuk memeriahkan Agustusan.

Dengan cekatan bu lek Olive merias Naila, tidak ketinggalan Wawa juga ikut sibuk sendiri membedaki pipinya. Naila dan Wawa tampak gembira, setelah proses merias selesai mereka berdua minta di foto.

“Nah.. dah siap deh mbak Naila, sekarang sudah tampak cantik dan  siap berangkat ke lapangan” terima kasih ya bu lek Olive, kata umi Naila.

Setelah menjalankan sholat dhuhur Naila dan Uminya pun berangkat ke lapangan, ketepatan nomor urut regunya Naila nomor dua. Di lapangan sudah berkumpul pula teman-teman lainnya, juga regu parade dari sekolah-sekolah lain. Panitia juga sudah di lokasi dan mempersiapkan pemberangkatan.

Tepat pukul 13.00 WIB, upacara pemberangkatan pun dimulai. Regu-regu parade gerak jalan telah siap berjajar di lapangan, tepatnya di jalan raya depan gedung serba guna Bangilan. Setelah pidato pembukaan maka pihak panitia mulai memberangkatkan barisan parade gerak jalan.

“Siap grak..!!!” langkah tegap maju jalan... seru ketua regu memberi aba-aba

Satu demi satu regu parade gerak jalan diberangkatkan, Naila dan regunya pun telah meninggalkan start yang ada lapangan menuju garis finis ke arah utara di pasar Bangilan. Walau panas membakar namun para anak-anak TK/RA sekecamatan Bangilan dengan penuh semangat mengikuti kegiatan hingga usai. 

Di garis finis bapak dan ibu dari para peserta parade gerak jalan menunggu anak-anaknya menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai peserta parade gerak jalan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan negara Indonesia tercinta.


*Joyojuwoto, lahir di Tuban, Anggota Komunitas Kali Kening; Santri PP. ASSALAM Bangilan dan Penulis buku “Jejak  Sang Rasul” tinggal di www.4bangilan.blogspot.com.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar