Selasa, 29 November 2016

Kali Kening Bagi-bagi Buku dan Ilmu di Rumah Baca Al-Ihsan

Kali Kening Bagi-bagi Buku dan Ilmu di Rumah Baca Al-Ihsan
Oleh : Joyojuwoto
Karang Tengah, Bangilan - www.4bangilan.blogspot.com - Sabtu (26/11/2016) pukul 13.30 WIB Komunitas Kali Kening menyambangi rumah baca dan rumah belajar Al Ihsan yang berada di dusun Karang Tengah desa Bangilan Kec. Bangilan. Rumah baca ini adalah rumah baca yang digagas oleh bapak H. Umarul Farouq. Kecintaan beliau terhadap ilmu dan kepeduliannya terhadap pendidikan anak bangsa yang melatar belakangi pendirian rumah baca ini.
Semangat dan kesadaran beliau akan masa depan generasi bangsa dan negara inilah yang mempertemukan komunitas Literasi Kali Kening dengan Rumah Baca Al Ihsan. Ibarat gelombang radio di frekuensi yang samalah yang akan mempertemukan antara pendengar melalui radionya dengan stasiun radionya. Kalau dalam bahasa haditsnya Rasulullah saw bersabda :
الْأَرْوَاحُ جُنُودٌ مُجَنَّدَةٌ فَمَا تَعَارَفَ مِنْهَا ائْتَلَفَ وَمَا تَنَاكَرَ مِنْهَا اخْتَلَفَ
Artinya : "Ruh-ruh manusia itu seperti tentara yang besar, selagi tentara itu saling mengenal, maka mereka akan bersatu padu". (HR. Muslim)
Berdasarkan hadits Nabi di atas jiwa-jiwa manusia itu berkelompok sesuai dengan kecenderungannya, sesuai dengan komunitasnya, dan sebaik-baik komunitas tentu adalah yang mengajak pada kebaikan. 


Kami dari komunitas literasi Kali Kening sangat gembira mendapat tawaran untuk berbagi ilmu dengan para pelajar di Rumah Baca Al Ihsan, selain berbagi ilmu secara verbal Kali Kening juga membagikan buku untuk rumah baca al Ihsan. Semoga buku-buku itu menjadi investasi yang pahalanya terus mengalir dan tidak berhenti hingga kelak di hari akhir nanti.
Acara yang langsung dipandu oleh ketua Komunitas Kali Kening, Mas Ikal Hidayat Noor berlangsung cukup meriah, tampil sebagai pembicara di kegiatan itu Mas Rohmat Sholihin, Mbak Linda, dan saya ikut mendampingi beliau berdua.
Bertemu dan berhadapan dengan anak-anak usia sekolah dasar ibarat sedang bertemu dengan tambang emas, mereka adalah generasi baru yang perlu ditempa dan diolah menjadi emas murni. Potensi mereka perlu dikembangkan agar kelak siap menjadi pilar-pilar bagi tegaknya kemajuan bangsa.
Kami dari komunitas Kali Kening sangat berterima kasih kepada Rumah baca Al Ihsan yang telah ikut serta memikirkan masa depan bangsa ini dengan tanpa pamrih, semoga kegiatan ini menginspirasi dan membawa manfaat dan kebaikan bersama, tentunya demi Nusantara kita tercinta.
Terakhir tulisan saya ini saya tutup dengan ucapan terima kasih dari Mas Rohmat sebagai koordinator acara kepada keluarga besar Taman Baca dan Taman Belajar Al-Ihsan :
“Terima kasih sambutannya yang luar biasa oleh keluarga H. Umarul farouq dan kelompok belajar Rumah Baca Al Ihsan, semoga apa yang kita lakukan dalam belajar bersama dengan adik-adik yang ganteng-ganteng, cantik-cantik dan pinter-pinter dapat memberikan sumbangsih pengetahuan dan pengalaman agar menjadi generasi emas bagi negara, bangsa, dan agama. Aamiin”.
Sekian.

Joyojuwoto, lahir di Tuban, Anggota Komunitas Kali Kening; Santri dan Penulis buku “Jejak  Sang Rasul” bisa dihubungi di WA 085258611993

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar