Kamis, 03 November 2016

Wisata Alam Tuban, Api Abadi Maindu Montong

Wisata Alam Tuban, Api Abadi Maindu
Oleh : Joyojuwoto


Di wilayah Kabupaten Tuban tersebar potensi wisata alam yang sangat melimpah, diantaranya adalah api abadi yang ada di desa Maindu Kec. Montong Tuban. Letak api abadi ini di area bekas pengeboran pertamina yang berada di kaki bukit Nggunung, tepatnya di depan SMP 3 Maindu.

Panorama di lokasi Api Abadi Maindu ini sebenarnya cukup indah, sawah-sawah dan ladang penduduk menghampar luas, bukit-bukit kapur putih atau sering disebut sebagai  White While (dinding putih) menjadi latar belakang tempat ini.

Untuk menjangkau lokasi rutenya cukup mudah, apalagi lokasi api abadi ini di pinggir jalan poros desa yang sudah diaspal. Dari pertigaan Polsek Montong kearah selatan hingga sampai di pertigaan SDN ??? sayang saya lupa namanya hehe..., dari situ arah kiri menuju desa Ngrejeng, sedang arah desa Maindu pilih yang ke arah kanan hingga sampai di lokasi. Jika dari arah selatan rute yang diambil dari Pertigaan Ponco ambil jalur desa prambon-Klumpit- menanjaki bukit kemudian turun sampai di lokasi.

Jalur ke arah api abadi Maindu cukup indah dan memanjakan mata petualang, baik itu dari jalur utara maupun dari jalur selatan. Bukit-bukit kapur menjulang tinggi, pepohonan menghijau di sepanjang jalan, rutenya cukup memompa dan memberikan tekanan pada adrenalin para pengendara motor.



Potensi wisata Api Abadi Maindu belum mendapatkan sentuhan tangan-tangan kreatif sehingga menjadikannya tempat favorit untuk bersantai bersama. Sebenarnya Api Abadi ini bisa menjadi potensi wisata alam yang bisa menjadi area wisata baik untuk penduduk lokal maupun pendatang dari sekitar wilayah Kabupaten Tuban. Namun sayang kondisinya dibiarkan apa adanya tanpa ada perhatian sama sekali.

Sebenarnya pihak pemerintah atau mungkin pihak desa bisa mengkombinasikan tempat wisata Api Abadi Maindu itu dengan lokasi lain, apalagi di balik bukit Kapur di sebelah selatan lokasi Api Abadi terdepat maqamnya wali yang biasa didatangi para peziarah dari berbagai tempat. Lokasi Maqam itu berada di dusun Muser desa Maindu. Oleh penduduk setempat maqam itu dikenal sebagai maqamnya Mbah Rangga Darma dan Dewi Sindu.

Di sore hari atau pada saat-saat santai liburan Api Abadi Maindu biasa dipakai nongkrong para pemuda desa sambil bakar-bakar jagung, ketela, ikan, maupun ayam. Walau wisata Api Abadi Maindu ini telah lama dikenal, namun saya baru kemarin sempat mampir kesana sambil menikmati jagung bakaran di lokasi bersama beberapa pemudanya yang ramah-ramah dan baik hati.


*Joyojuwoto, lahir di Tuban, 16 Juli 1981, Anggota Komunitas Kali Kening; Santri dan Penulis buku “Jejak  Sang Rasul” bisa dihubungi di WA 085258611993

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar