Selasa, 25 Oktober 2016

Resensi Buku “Guru Juga Manusia”

Resensi Buku “Guru Juga Manusia”

Identitas Buku
Judul Buku          : Guru Juga Manusia
                              Catatan Harian Seorang Pendidik
Penulis                 : Abd. Aziz Tata Pangarsa
Penerbit               : Probi Media
Cetakan               : September, 2016
Tebal                    : 174
Kategori               : Refleksi
ISBN                    : 978-602-6353-30-6

Ulasan buku
Buku yang ditulis oleh sahabat saya, Abd. Aziz Tata Pangarsa adalah buku yang terbilang sederhana, renyah, dan mudah untuk difahami. Justru dari kesederhaaannya itulah tidak perlu mahal untuk menjadi pembaca buku “Guru Juga Manusia”. Siapapun Anda, dari golongan manapun Anda berasal, dari profesi A atau B, setinggi atau serendah apapun IQ Anda semua bisa sangat enjoy menikmati buku ini.
Buku Mas Aziz ini terbagi menjadi empat bagian, pertama membahas mengenai Guru, Cinta, Kepemimpinan, dan Fenomena Kehidupan. Tema-tema tersebut sangat dekat dan erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Dengan bahasa yang mudah Mas Aziz berusaha menyajikan dan merefleksikan hal-hal diatas agar dapat dinikmati oleh pembaca. Karena tidak semua orang ternyata mampu mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang ada di sekitarnya. Di sinilah kepiwaian penulis menjembatani kekurangan tersebut dengan mewujudkannya dalam bentuk buku ke tangan para pembaca semuanya.
Hikmah dan lompatan hidup seseorang kadang memang berasal dari hal yang kecil dan sepele, Tuhan memang tidak pernah sia-sia menciptakan sesuatu di dunia ini, bahkan untuk debu sekalipun. dengan kaca mata kejeliannya penulis buku ini memunguti, mencatat pengalaman-pengalaman sehari-hari menjadi untaian keindahan yang diramu menjadi lembar-lembar buku sedemikian rupa sehingga enak untuk dibaca.
Sebagai sebuah buku refleksi diri tentu buku ini tidak ada atau bahkan tidak membutuhkan referensi di halaman bagian akhir, karena kadang memang sebuah tulisan tidak perlu pijakan referensi. Akal dan hati biarlah menjadi salah satu referensi yang menjadikan buku ini layak untuk dinikmati.


Peresensi : Joyojuwoto, Santri PP. ASSALAM Bangilan Tuban. Penulis Buku “Jejak Sang Rasul” dan Secercah Cahaya Hikmah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar