Kamis, 16 Maret 2017

Inilah Beberapa Quote dari KH. Hasyim Muzadi

Inilah Beberapa Quote dari KH. Hasyim Muzadi
Oleh : Joyojuwoto

Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, sedang jika manusia mati ia meninggalkan nama. Demikian pepatah yang sering dikutip oleh para bijak, agar kita selalu ingat jika kita mati maka kita bisa meninggalkan nama yang baik dan harum.

Demikian pula, hari ini (16 Maret 2016) salah satu putra terbaik Indonesia meninggal dunia. Beliau Abah KH. Hasyim Muzadi seorang ulama asli kelahiran dari Bangilan Tuban. Mantan Ketua PBNU ini telah pulah ke rohmatullah dengan tenang, dan meninggalkan nama yang harum serta amal kebaikan yang sangat banyak.

Diantara amal kebaikan Abah KH. Hasyim Muzadi adalah ilmun nafi’ , ilmu yang bermanfaat, baik yang beliau ajarkan di majelis-majelis ilmu maupun yang beliau teladankan dalam kehidupannya sehari-hari.

Berikut saya kutipkan beberapa kalimat-kalimat hikmah dari Abah Hasyim Muzadi yang menginspirasi, yang saya kumpulkan baik dari internet maupun yang tersebar di media sosial :

1.      Doa adalah Iktiar Bathiniah, sedangkan ikhtiar adalah doa lahiriah
2.   Berdoa dan bekerja keras itu memang perintah Allah, dan Allah akan memberi anugerah, tapi bukan berarti doa dan kerja keras kita itu dapat memaksa Allah.
3.   Jika yang kosong adalah akalnya, isilah ia dengan ilmu. Jika yang kosong adalah hatinya, isilah ia dengan zikir. kesatuan zikir dan pikir akan membentuk ulul albab.
4. Akal bukan segala-galanya, jika kejiwaan terguncang, akal ikut terguncang.
5.    Kecerdasan dan kepandaian itu bukan segalanya, ia masih bergantung pada kejiwaan, ketika kejiwaan itu goncang, maka kecerdasan pun goncang. Intelektualitas bisa goncang karena instabilitas rohani.
6.   Keikhlasan itu tidak tampak, dan tidak perlu ditampak-tampakkan, tetapi Allah akan menampakkan hasil dari keikhlasan itu.
7.   Orang yang memperjuangkan umat tidak akan kekurangan, dan orang yang memperjuangkan diri sendiri belum tentu berkelebihan.
8.   Orang yang tidak berbuat apapun untuk kemaslahatan umat justru akan dililit oleh permasalahannya sendiri.
9.   Jangan takut berkorban, agar kalian tidak menjadi korban.
10.Tingkatkan kedisiplinan dalam setiap aktivitas baik ibadah maupun prestasi ilmiah
11.Nasionalisme bukan hanya dengan simbol-simbol dan slogan, tapi dengan pengabdian dan menggunakan disiplin ilmu yang dimiliki.
12.Pikirkan kekuranganmu sehingga kamu tidak sempat memikirkan kejelekan orang lain.
13.Di kalangan umat Islam seluruh dunia ada tiga hal yang tidak boleh disinggung atau direndahkan, yakni : Allah Swt, Rasulullah Saw, dan kitab suci Al Qur’an. Apabila salah satu, apalagi ketiganya disinggung dan direndahkan pasti mendapat reaksi spontan dari umat Islam tanpa disuruh siapapun.
14. Saya optimis Gontor mampu mengemban misi kebangkitan umat.
15.Janji Allah selalu bersyarat dan rahmat Allah selalu minta tanggungjawab.

Demikian beberapa quote (kalimat hikmah) dari KH. Hasyim Muzadi, semoga kita bisa mengikuti dan mengamalkan dari apa yang telah beliau contohkan. Amin.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar