Senin, 31 Juli 2017

Nasi Jotos dan Wedang Cemoe Kota Gadis

Nasi Jotos dan Wedang Cemoe Kota Gadis
Oleh : Joyo Juwoto

Menikmati kuliner khas suatu daerah adalah satu kenikmatan tersendiri dalam sebuah ritual traveling. Masing-masing daerah di tanah air memang memiliki kekhasan yang tidak semua daerah lain memilikinya. Oleh karena itu, jika para sobat semua sedang melakukan perjalanan atau traveling-traveling, maka jangan lupa untuk mencicipi kekhasan daerah yang kita singgahi. Baik itu makanan atau minumannya.

Semisal nasi jotos dan wedang cemoe dari kota gadis. Saat saya berkunjung ke kota Madiun yang memiliki julukan kota gadis, saya menyempatkan berwisata kuliner nasi jotos dan wedang cemoe. Dari rasa penasaran dengan namanya, nasi jotos dan wedang cemoa, saya akhirnya mampir ke sebuah warung kaki lima yang menyediakan kedua menu itu.

Nasi jotos ternyata tidak seseram namanya, hanya karena nasi itu besarnya sekepal tangan dibungkus dengan daun pisang, maka dinamakan nasi jotos. Nasinya nasi putih biasa diberi lauk tempe atau tahu kering, mihun berkecap, dan sedikit sambal. Lumrahnya di daerah lain nasi jotos ini dikenal sebagai nasi kucing.

Sedang wedang cemoe adalah minuman yang disajikan dalam sebuah mangkok kecil. Minuman hangat ini terdiri dari kuah santan diberi gula pasir dan beberapa potong roti, serta butiran kacang tanah yang telah digoreng. Uniknya wedang ini juga diberi bawang merah goreng. Wedang cemoe ini hampir mirip wedang ronde, hanya saja wedang ronde tidak memakai kuah santan. Dan satu lagi perbedaannya wedang cemoe tidak memakai jahe, sedangkan wedang ronde, jahe menjadi ciri khasnya.


Saat senja mulai turun, dan kota gadis berselimut gelap, rinai hujan turun membasahi bumi kota yang damai, Dua bungkus nasi jotos dan semangkuk wedang cemoe mengabadikan kenanganku pada kota gadis yang manis, pada kota Madiun yang anggun.

4 komentar:

  1. ternyata setelah membaca, nasi jotos itu seperti itu. Mirip nasi kucing hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggih mas, Tak kira apaan, eh nasi sak kepelan alias sak jotosan hehe..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Wahhh dereng nate mas, Lamongan y?

      Hapus