Senin, 03 Agustus 2015

Mubes Perdana Sahabat Pena Nusantara

Musyawarah Besar Sahabat Pena Nusantara (Mubes SPN) terselenggara pada Sabtu, 1 Agustus 2015. Berkat kemurahan hati Dr Taufiqi Bravo Viec, salah satu anggota SPN, Mubes perdana ini akhirnya berhasil diselenggarakan di kediaman beliau di Malang. Dihadiri 21 peserta yang merupakan utusan dari beberapa daerah, Mubes berjalan lancar dan meriah. Alhamdulillah. Semoga keramahan dan keakraban yang ditawarkan Mr VQ beserta istri, selaku tuan rumah, dicatat Allah sebagai amal jariyah.
SPN adalah komunitas penulisan yang saya gagas pada pertengahan Maret 2015 lalu. Ketika itu, saya menyampaikan kepada sahabat saya,Haidar Musyafa, agar ada suatu komunitas yang menjadi tempat berkumpulnya penulis. Boleh jadi komunitas semacam itu sudah banyak, misalkan Forum Lingkar Pena (FLP). Tetapi tidak ada salahnya jika ditambah lagi. Tentu dengan ciri dan keunikannya sendiri nanti.
Mas Haidar lalu membikin grup WhatsApp. Segera saja terkumpul 100 orang penulis dan pemikir. Omong punya omong, tiba-tiba terpikir untuk membuat logo. Setelah melewati diskusi panjang, logo berhasil dibuat. Perancangnya adalah Masruhin Bagus, salah satu anggota SPN dari Tuban. Grup WhatsApp kemudian diresmikan dengan nama “Sahabat Pena Nusantara”, dan Minggu, 29 Maret 2015, ditetapkan sebagai hari kelahiran komunitas ini. Dengan demikian, Mubes kemarin adalah langkah awal untuk menetapkan kepengurusan dan menata administrasi.
Visi dari komunitas ini adalah: “Menjadi pelaku, pembangkit, dan pembangun masyarakat literasi Nusantara.” Adapun misinya adalah: (1) Melakukan kerja literasi, (2) Melakukan gerakan literasi, (3) Membangun masyarakat literasi. Tentu saja dibentuk kepengurusan untuk mengawal program-program literasi yang telah diputuskan bersama. Berikut adalah susunan pengurus SPN Pusat:
DEWAN PENASIHAT:
1. Prof Dr Muhammad Chirzin
3. KH Muhammad Dawam Saleh

KETUA:
2. Dr Ngainun Naim

SEKRETARIS:

BENDAHARA:

DIVISI-DIVISI:
DIVISI PENULISAN 

DIVISI PENERBITAN 

DIVISI TEKNOLOGI INFORMASI
1) Ira Cahaya D Aini 
2) Ahmad Syairozi

DIVISI PELATIHAN DAN PENJUALAN
1) Dr M Taufiqi 
3) Febrian Taufiq Sholeh

DIVISI HUMAS
1) Hayat
2) Ahmad Fahrudin

DIVISI KEORGANISASIAN
1) Haidar Musyafa
2) Syahrul

@Sahabat Pena Nusantara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar