Rabu, 08 Januari 2014

Kemenag gelar seminar

www.4bangilan.blogspot.com Tuban, 8/1/2014. Hari ini sebagai lanjutan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Amal Bakti Kementerian Agama Tuban ke-68 seluruh Kepala madrasah dari tingkat RA/ MI/MTs dan MA serta pengawas dilingkungan Kemenag Tuban mengadakan kegiatan bedah buku bersama Bapak Prof. Dr. Mujamil Qomar M.Ag.

Kegiatan yang berlangsung di Asrama Haji itu berjalan cukup dinamis. Dalam banner yang dipasang panitia berjudul "Mengaktualisasikan Konsep Min al Dhulumat Ila an Nur dalam membangun Peradapan Islam". Tema yang sangat uptudate dengan kondisi dan permasalahan yang rata-rata terjadi dilingkungan madrasah.

Dalam pemaparannya Prof. Dr. Mujamil Qomar banyak mengupas tentang kunci kemajuan pendidikan Islam yang berpokok pada tiga hal, yaitu epistemologi pendidikan Islam, kesadaran pendidikan, dan manajemen pendidikan.

Selain berkutat pada tataran teori beliau juga banyak mengungkap fakta-fakta kemajuan pendidikan Islam di era kemajuan peradapan Islam dengan segudang tokoh-tokohnya yang masyhur hingga sekarang.

Sebagai garis besar dari bedah buku Prof. Dr. Mujamil Qomar beliau mengajak kepada seluruh komponen madrasah mulai dari manajer, kepala sekolah, pendidik, tenaga pendidikan, serta pendidik untuk melakukan transformasi tindakan yang negatif menjadi positif, destruktif menjadi konstruktif  atau dalam bahasa al Qurannya disebut sebagai konsep min al dhulumat ila al nur. Sekian. JWT.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar