Minggu, 17 Juni 2012

Niat Menuntut Ilmu


Menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim laki-laki maupun perempuan, namun di era sekarang ini kita kesulitan mendapati orang yang benar-benar menuntut ilmu, lho apa tidak salah ? sekarang kan banyak anak-anak sama sekolah, mulai dari usia tiga tahun sudah ada yang namanya play group kemudian dilanjutkan TK nol kecil, TK nol besar dan bahkan pemerintah mendorong para generasi muda untuk sekolah sehingga dicanangkan Wajar 9 tahun.  Tidak cukup disitu sekarang perguruan-perguruan tinggi pun telah menyebar disekitar kita. Kalau dulu kalau mau kuliah harus pergi ke kota-kota besar sekarang hampir diseluruh kota Kaupaten dan Kecamatan sudah ada yang namanya perkuliahan. Jadi semua orang sekarang sama berlomba-lomba untuk sekolah kan ?

Ya di situlah masalahnya, orang-orang sekarang sama berlomba-lomba sekolah yang tinggi, biar dapat gelar sarjana, biar menjadi pegawai, biar dapat macem-macemlah, intinya sekolah sekarang orientasinya bukan lagi untuk menuntut ilmu tapi hanya sekedar memenuhi kebutuhan pasar dunia. Sedang para ulama-ilama sepuh kita mengajarkan agar kita dalam menuntut ilmu itu bukan sekedar untuk mengejar urusan dunia tapi semata-mata memenuhi kewajiban kita sebagai hamba Allah, menuntut ilmu adalah wujud ibadah kita, walau tidak dipugkiri keidupan dunia mengharuskan kita untuk itu, tetapi secara filosofis tentu itu tidak bijak menuntut ilmu hanya untuk memenuhi keangkuhan dunia. Coba perhatikan niat menuntut ilmu warisan para sesepuh kita dibawah ini :

Niat Menuntut Ilmu :

1.      Mencari ridho Allah
2.      Mendapat Darul Akhiroh (surga)
3.      Izalatul jahli (menghilang kan kebodohan)
4.      Ibqo’ul Islam (menegakkan agama islam)
5.      Ihya' Uddin (menghidupkan agama)
6.   As Sukr 'Ala ni'matil Aql wa sihhatil badani (Bersyukur atas ni’mat akal dan sehatnya badan)

Tidakkah kita merasa tersindir dengan wejangan diatas ? dan masihkah kita menuntut ilmu hanya sekedar, tanpa berniat dengan apa yang telah digariskan oleh sesepuh kita ?

Sumonggo dipun galih sesarengan !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar