Sabtu, 26 Mei 2012

Waduk Lodan Potensi Yang Terabaikan

Waduk Lodan Sarang

Wadok Lodan terletak di Kec. Sarang Kab. Rembang. Letaknya lebih kurang 20 KM dari jalan raya pantura. Tepatnya di pertigaan pasar Sarang ke arah selatan. Untuk mencapai lokasi tidaklah susah karena jalurnya sudah beraspal semua.

Waduk Lodan selain digunakan sebagai sarana pengairan lahan pertanian disekitarnya juga dimanfaatkan untuk PDAM untuk memasok kebutuhan air masyarakat setempat dan sekitarnya. Waduk Lodan tergolong luas, waduk itu dibangun menempati lahan seluas 119, 5 Ha (http://kangtarom.wordpress.com/2009/01/12/sertifikasi-waduk-lodan-belum-turun/)

Waduk yang terletak di tepi hutan itu sebenarnya menyimpan potensi lain yang luar biasa jika pemerintah daerah mau serius menggarap menjadi aset wisata andalan daerah. Mulai dari wisata kuliner, wahana bermain anak-anak dan keluarga hingga mungkin dijadikan semisal vila-vila tempat melepas lelas di akhir pekan. Waduk Lodan dikelilingi bukit-bukit kecil yang menawan, dan hutannya pun masih terlihat alami, namun saya tidak sempat melihat keadaan satwa liarnya. 

Disekitar waduk Lodan kondisinya juga masih sepi, hanya ada satu warung ikan bakar yang dikelola secara tradisional dan terkesan apa adanya, sebab mungkin kurangnya pengunjung yang datang ke tempat tersebut.
Waduk yang selesai dibangun sekitar 4 tahun yang lalu oleh pemerintah Indonesia yang bekerjasama dengan pemerintah Jepang itu menunggu sentuhan dingin dari tangan para investor untuk menjadikannya sebagai lokasi impian kita bersama. Salam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar