Sabtu, 05 Maret 2016

Melodi Cinta Seorang Hamba

Melodi Cinta Seorang Hamba

Hamba-hamba yang sedang dimabuk cinta tidak merasakan apa-apa kecuali yang dicinta, tidak memikirkan apa-apa kecuali yang dicinta, dan tidak melihat apa-apa kecuali yang dicinta. Seperti cinta Qais kepada Laila, sepanjang mata memandang hanya ada Laila, sepanjang angan-angan Laila memenuhi harapan, jiwa dan pikiran.
Dendang-dendang cinta sungguh mempesona, tiada keindahan kecuali milik para pecinta. Dengan cinta semua menjadi indah, dengan cinta semua menjadi mudah, dengan cinta semesta raya menjadi taman-taman bunga yang  tersenyum merekah.
المحبّة ميل الطّبع إلى شيئ لكونه لذيذا عند محبّه
“Mahabbah (cinta) adalah kecenderungan tabiat kepada sesuatu karena keadaan sesuatu itu amat lezat bagi orang yang bercinta kasih”
Bahasa cinta tidak mengenal kosakata kemustahilan, dalam kamus cinta tidak mengenal ketidakmungkinan, dalam bumi cinta hanya tumbuh pohon-pohon keabadian, maka reguk dan nikmatilah kemukjizatan cinta hingga dirimu tenggelam dalam gairah kemurnian cinta.
Dalam cinta tak mengenal untung-rugi, dalam cinta tak mengenal hak-hak kepemilikan, dalam cinta tak mengenal keakuan, maka biarkan api cinta berkobar-kobar membakarmu hingga engkau musnah lebur dalam nur cinta.
Maka gapailah cinta di atas cinta, cinta yang tak mengenal kematian, cinta yang tak mengenal kesedihan, cinta yang tak mengenal pengkhianatan, bahkan cinta yang tak mengenal cinta kecuali cinta  itu sendiri.
والذين آمنوا اشدّ حبّا لله...
Artinya : Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah….
Inilah puncak cinta, inilah melodi cinta seorang hamba yang paling indah mencintai Tuhannya sepenuh cinta.  Sebagaimana yang ada di dalam Kitab Risalah Qusyairiyah yang berbunyi :
“Adapun mahabbah (cinta)  seorang hamba kepada Allah adalah suatu keadaan di mana si hamba mendapatkan /merasakan cinta itu dari hatinya suatu perasaan  yang amat halus, sulit sekali untuk digambarkan.”
Rosulullah SAW dalam segala kondisi selalu melantunkan doa-doa melodi cinta, karena kerinduan dan cintanya kepada Allah Swt yang selalu membara :
اللهمّ إنّى أسئلك حبّك وحبّ من يحبّك والعمل الذي يبلغ حبّك
اللهمّ اجعل حبّك أحبّ إليّ من نفسي وأهلي ومن الماء البارد
Artinya :
Ya Allah kumohon cinta-Mu
Dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu
Ya Allah, jadikanlah cintaku kepada-Mu
Melebihi cintaku pada diriku sendiri
Pada keluargaku
Dan pada air yang dingin (saat kehausan).

Pasrahkanlah dirimu dalam genggaman cinta, pada cinta yang akan menuntunmu pada puncak penghambaan pada sang Tuhan.
والذين آمنوا اشدّ حبّا لله...
Artinya : Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah….

Bumi Cinta, 5 Maret 2016
Joyojuwoto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar