Rabu, 14 Mei 2014

Bantu anak anda mengalami hari pertama di sekolah dasar yang positif dan menyenangkan

Bantu anak anda mengalami hari pertama di sekolah dasar yang positif dan menyenangkan.

Mengapa ?
Sekolah dasar tentunya berbeda dengan taman kanak-kanak. Komponen bermaian dan bersuka ria yang kental di taman kanak-kanak akan berkurang secara dratis di sekolah dasar. Ketika masih di taman kanak-kanak, anak terbiasa dengan suasana belajar yang menyenangkan, seperti penataan tempat duduk berkelompok, dinding ruang kelas yang penuh dengan hiasan, kegiatan kelas penuh dengan nyanyian dan gerakan, guru-guru yang sabar dan telaten, serta jadual kegiatan belajar mengajar yang tidak ketat. Di sekolah dasar anak mulai menghadapi suasana belajar yang lebih formal, kaku, dan berat.
Kenyataan baru di sekolah dasar bisa membuat anak cemas. Plus, dia harus masuk ke kelas dengan guru dan teman-teman baru yang belum dia kenal. Situasi ini tidak menjadi masalah bagi beberapa anak dengan rasa percaya diri yang kuat.tapi bagi beberapa anak lainnya, situasi ini cukup mengancam rasa amannya.
Bagaimana ?

1.       Beberapa hari sebelum hari pertama sekolah, siapkan berbagai keperluannya seperti seragam sekolah, tas, buku-buku, sepatu, kaos kaki, dan kotak makanan.
2.       Ceritakan pengalaman-pengalaman anda sendiri yang menarik selama sekolah dulu.
3.       Jika perlu dan mungkin, sehari sebelum hari pertama sekolah, ajak anak anda pergi ke sekolah dan melihat-lihat gedung dan lokasi. Jika ada banyak kelas parallel, minta ijin pada petugas jaga untuk mencari dan mengetahui lokasi ruang kelasnya. Pada hari pertama sekolah, biasanya murid-murid cukup gaduh mencari ruang kelas dan guru-gurupun cukup kebingungan membantu murid-murid baru.
4.       Pada hari pertama sekolah antarkan anak anda
5.       Gandeng tangannya dan katakan “Wah anak mama hebat. Sekarang sudah kelas 1 SD”
6.       Sebagai kenangan, fotolah dia di depan gedung sekolah atau di depan ruang kelasnya.
--     Tinggalkan dia dan katakana “Selamat sekolah ya. Nanti siang/sore, kami tunggu ceritamu.”
-

2 komentar:

  1. Haloo joyoo, tengok postingan aku yg ini dong http://catatandewisri.blogspot.com/2014/05/hidup-bahagia-dan-sejahtera-di-usia.html, dan jika berkenan tinggalkan komentar yah,.makasih :)

    BalasHapus
  2. Mbak Dewi Matur Suwun ya,,,

    BalasHapus