Sabtu, 19 Januari 2013

Resepsi Agung HAB (Hari Amal Bhakti) Kemenag Tuban


Resepsi Agung HAB (Hari Amal Bhakti) Kemenag Tuban

www.4bangilan.blogspot.com – Rabu, 16 Januari 2013 Keluarga Besar Kementrian Agama Kab. Tuban punya gawe besar yang dikemas dalam acara Resepsi dan Pembinaan Keluarga Besar Kementrian Agama oleh Bupati dan Kepala Kantor Kementrian Agama Wilayah Jawa Timur, dalam peringatan Hari Amal Bhaktinya yang ke-67. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Graha Sandiya Perumdin Semen Gresik Merakurak Tuban.

Rangkaian acara yang dipandu oleh Mbak Ida salah satu pegawai Kemenag Tuban ini menampilkan berbagai ketrampilan dari siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah dalam naungan Kemenag Tuban. Tampil dalam pra acara group nasyid dari MTs Nguruan Prambon, Band Islami dari MTs N Tuban dan yang tak ketinggalan seni musik Marawis yang dibawakan oleh siswa-siswi MAN Rengel.

Menurut Pak Leksono kepala Kemenag Tuban dalam orasi pembinaan bahwa acara yang diikuti oleh + 1300 orang yang terdiri dari 600 orang karyawan Kemenag dan 700 orang kepala Madrasah dari tingkat RA/MI/MTs dan MA baik swasta maupun negeri se Kabupaten Tuban. Kegiatan pembinaan ini dilaksanakan guna meningkatkan kinerja pegawai Kemenag agar lebih profesional dan memiliki integritas yang tingi dalam menjalankan tugasnya.

Bupati Tuban Pak Huda dalam sambutannya banyak mengupas pentingnya jiwa relegius guna mewujudkan visi dan misi Pemkab Tuban yang juga selaras dengan visi dan misi Kemenag sebagai lembaga yang berbasis agama. Menurutnya  hanya dalam masyarakat yang religi seluruh permasalahan bangsa ini dapat diselesaikan. Jika masyarakat ingin baik  maka perlu ditempuh empat hal, papar beliau. 4 hal tersebut yaitu :
1.       Muhasabah ( Instropeksi diri)
2.       Mujahadah (Bersungguh-sungguh dalam segala hal)
3.       Mu’aqobah (Menutup jalan kejelekan diri)
4.       Muqorobah (Mendekatkan diri kepada Allah SWT )

Dengan empat hal diatas diharapkan masyarakat bisa menjadi relegius. Karena jika masyarakat telah berjiwa religi insyallah masyarakat akan memiliki jiwa yang integritas, Berani, wisdom (hikmah), dan menjadi masyarakat yang inovatif. Dan ini yang dibutuhkan oleh bangsa saat ini.

Lebih jauh lagi pak Huda juga menegaskan untuk menjadi religi perlu dipersiapkan lingkungan yang religi pula mulai dari pemasangan simbol-simbol agama seperti Asmaul Husna, kalimat-kalimat motivasi dari Al-Qur’an maupun al Hadits. Oleh karena itu beliau menghimbau seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program ini.

Dalam sambutan pembinaan yang terakhir disampaikan oleh Pak Sujdak selaku Kepala Kementrian Wilayah Jawa Timur. Beliau hanya menyampaikan 3 hal pokok. Pertama, Kedatangan beliau ke Tuban sebagai wujud silaturrahmi, kedua, beliau mengucapkan selamat kepada Kab. Tuban yang selalu dalam kondisi yang kondusif, serta yang terakhir, Kementrian Agama Wilayah Jatim mengucapkan terima kasih yang seikhlas-ikhlasnya kepada seluruh jajaran keluarga Besar Kemenag di Jawa Timur atas prestasi yang telah diraih pada tahun 2012, baik dalam bidang administrasi keuangan, dalam bidang pendidikan dan dalam bidang yang lainnya. Sekian. JWT

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar