Jumat, 25 Januari 2013

Menjadi Ibu Kreatif


Menjadi Ibu Kreatif

Menjadi Ibu adalah sunnatullah bagi para perempuan. Sebuah fase kehidupan yang seolah mengalir, tampak mudah dilakoni oleh semua perempuan. Kelihatannya setiap perempuan pasti bisa menjadi ibu bagi anak-anaknya, namun kenyataannya tidaklah demikian banyak pula perempuan yang gagal memerankan diri sebagai ibu yang baik dan menjadi Rabbatul Bait yang sukses. Jadi menjadi ibu yang baik tidak tidak sekedar menjadi seorang perempuan, tetapi lebih dari itu ia harus menjadi pembelajar yang baik pula sepanjang hidupnya. Setiap saat, setiap waktu ada pelajaran baru yang harus dipelajari. Untuk itu, ibu dituntut kreatif, terlebih memang tidak ada sekolah khusus untuk bagi peran ibu.

Berikut beberapa tips yang akan meningkatkan jiwa kreatif :

1.      Mencoba hal-hal baru
جرّب ولاحظ تكن عارفا
“Coba dan perhatikan maka kamu akan tahu”

Dalam hal apapun kita harus mencoba asal itu positif, jangan pernah takut salah karena mencoba hal baru,  karena takut salah itu sendiri sudah salah. Jadi seorang ibu harus selalu mengeksplore sesuatu yang baru, mulai dari resep masakan, mendesain interior rumah, menempatkan perabot rumah dan hal-hal lain yang bermanfaat.

2.      Terus belajar
Seorang ibu tidak ada kata berhenti untuk belajar, mulai dari mengamati, membaca buku, browsing internet dan belajar dari pengalaman tentunya. Niatkan semua aktivitas kita untuk belajar agar bernilai ibadah dan berpahala insyallah. Karena belajar berarti menjalankan sebuah kewajiban dari lisan Rosul yang mulia. Rosululloh bersabda :
طلب العلم فريضة على كلّ مسلم ومسلمة

“Menuntut ilmu itu wajib bagi kaum muslim dan muslimah”

3.      Sharing dengan orang-orang kreatif
سوء الخلق يعدي
“Akhlag yang jelek itu menular”

Kebiasaan, karakter, bahkan nasib seseorang itu menular oleh karena itu berhati-hatilah dalam memilih dan memilah kawan. Dalam syair pujian yang sering kita dengar di mushola-mushola kampong kita juga menekankan agar kita memilih teman yang baik, “Wong kang sholeh kumpulono”. Jadi pilihlah teman dan lingkungan yang mendukung kita untuk kreatif dan menjadi baik.

4.      Ciptakan suasana kondusif
Rumah yang nyaman akan mendatangkan kesenangan bagi penghuninya oleh karena itu ciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan agar seluruh anggota keluarga merasa betah dan fress ketika berada dirumah. Bukankah Nabi kita juga mengajarkan demikian ?

بيتي جنّتي ....  Rumahku adalah surgaku   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar