Senin, 21 Agustus 2017

Epistemologi Jomblo Revolusioner

Epistemologi Jomblo Revolusioner
Oleh : Joyo Juwoto

Jomblo Revolusioner adalah sebuah judul buku yang ditulis oleh sesepuh literasi di Tuban, Mas Amrullah AM atau lebih akrab dipanggil oleh kawan-kawannya sebagai Mas Aam. Bukunya mas Aam, ini diterbitkan oleh penerbit epistemic Jogja sekitar bulan September 2016.

Saya merasa senang sekaligus bangga gaung literasi di bumi Wali, yang salah satunya dibibitkan oleh Mas Aam dan kawan-kawan di Gerakan Tuban Menulis (GTM) mulai bersemai. Salah satunya dibuktikan dengan lahirnya buku bercover putih, dengan sampul foto tertawa renyah dari penulisnya, Jomblo Revolusioner.

Perlu saya singgung di sini, awal ketertarikan saya untuk menulis dan menerbitkan buku dimulai saat Mas Mutholibin yang sebelas dua belas dengan Mas Aam dalam dunia literasi datang ke madrasah saya mengirimkan proposal pelatihan menulis dari GTM. Pas ketepatan saya ketemu dengan beliaunya. Jodoh memang tidak akan lari kemana, saya yang sejak dalam pikiran memang menyenangi dunia tulis menulis akhirnya ketemu dengan jodoh saya.

Dari undangan itu, saya bersama dengan dua santri hadir mengikuti pelatihan yang diadakan di Sanggar Belajar UPTD Kab. Tuban. Pada momentum itulah akhirnya saya bertemu dengan pemateri kondang , ada Pak Ngainun Naim, Mas Anas AG, dan  mbak Ditta Hakha penulis dari Bojonegoro, sayang saya kehilangan kontak penulis ketiga, Mbak Ditta.

Singkat cerita saya mulai agak rajin menulis karena pengaruh dan berkah dari penulis buku Jomblo Revolusioner ini. Alhamdulillah pertemuan yang mawaddah, wa rahmah nan barakah, sehingga saya ketularan menulis buku dan akhirnya saya juga ketularan menerbitkan buku.

Mas Aam ini memang seorang jurnalis sebuah media cetak, kerjanya ya nulis-nulis. Jadi ketika ia menerbitkan buku, ini memang sudah menjadi keharusan, dan hukumnya fardhu ain. Buku pertama Mas Aam yang sedang menjalani laku jomblo kontemporer ini cukup bagus dan bikin greget. Dari judulnya saja sudah tercium aroma provokasinya, "Jomblo Revolusioner". Jomblo revolusioner adalah bahasa yang sangat politis dan ideologis sekali, kayaknya sangat cocok dipakai slogan penyemangat atau yel-yel saat demo-demo mahasiswa.

Entah sebuah alibi atau hanya kebetulan saja, Mas Aam yang sedang menjomblo berusaha memaparkan tentang sebuah ideologi kejombloan. Ideologi yang mungkin sangat baru dan orisinil di jagad dunia pergerakan atau pun dalam teori-teori ilmu sosial. 

Dalam bukunya Mas Aam banyak menceritakan serba-serbi jomblo secara revolusioner, tentu pembaca bisa mendedahnya sendiri dengan nyaman, agar saya tidak terkesan menggurui dan banyak memaparkan apa yang ditulis oleh Mas Aam, apalagi saya juga lupa isi dari keseluruhan isi bukunya.

Yang pasti buku Mas Aam ini renyah bagai camilan, gurih dan menggoyangkan lidah-lidah pembaca, tapi kadang juga asin, pedes namun ngangenin kayak rujak petisnya wong pantura, pokoknya sensasi kenikmatannya bisa anda rasakan setelah mencicipinya sendiri. Selamat Membaca.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar