Rabu, 14 Juni 2017

Kisah Santri Pembawa Jimat Ke Tanah Suci

google

Kisah Santri Pembawa Jimat Ke Tanah Suci
Oleh : Joyo Juwoto


Dalam sebuah pengajian tafsir yang diasuh oleh Gus Baha', yang saya ikuti direkaman youtube dot com, banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik.

Sedikit saya cuplikkan melalui tulisan ini, dari hal-hal yang saya ingat, atau menurut istilah Hernowo Hasyim, disebut sebagai mengikat makna. Kisahnya sebagai berikut:

Saat itu Gus Baha' menceritakan tentang rekayasa Iblis yang menaruh kitab sihir di singgahsana Nabi Sulaiman, agar orang-orang menyangka setelah wafatnya Nabi Sulaiman, bahwa kekuasaan dan kehebatan dari Nabi Sulaiman adalah hasil dari perbuatan sihir.

Namun hal ini langsung dibantah oleh Allah di dalam Al Qur'an, bahwa Sulaiman tidak kafir dan mengajarkan sihir, melainkan Iblislah yang melakukan itu semua. "Wa maa Kafara Sulaiman Wa Lakin asyayaathiina kafaruu" (Sulaiman itu tidak kafir, tetapi yang kafir adalah syaitan.)

Dari peristiwa inilah, muncul pendapat bahwa jimat juga termasuk bagian dari sihir, yang juga termasuk bagian dari perbuatan orang-orang kafir.

Menurut Gus Baha, Jimat bukanlah bagian dari kemusrikan, hanya saja jimat itu seperti barang yang tidak berguna. Karena pada dasarnya, orang yang membuat ataupun yang memakai jimat masih bersyahadat kepada Allah, padahal kalimat syahadat ini, apabila dibaca oleh orang kafir atau musrik maka ia menjadi muslim, lha ini sudah Islam hanya gara-gara jimat saja masak kok ya jadi musrik? padahal mereka sudah dinyatakan Islam dan masih bersyahadat.

Ada satu kejadian menarik yang dialami oleh salah satu temannya Gus Baha'. Temannya Gus Baha ini santri yang alim dan pandai membaca kitab Mu'in. Kitab Alfiyah pun khatam dan hafal, tidak aneh karena ia memang seorang Gus dari Madura. Ayahnya seorang Kiai di kampungnya.

Suatu ketika Temannya Gus Baha' ini pergi ke Makkah, sesampainya di kantor Imigrasi Arab Saudi, seperti biasa ada pemeriksaan, lha, temannya Gus Baha ini dari rumah dibekali jimat yang dibungkus kain jarit, isinya adalah jahe. Entah jimat itu untuk apa.

Karena Arab Saudi berfaham yang melarang penggunaan jimat, maka si santri ini ditahan oleh asyakar.

"Haadzal balad, baladullah, La yadkhulul Musyrik" (Negara ini adalah biladullah, orang yang musyrik tidak boleh masuk.) Kata si petugas tadi.

Kemudian si santri ini digelandang ke bagian keamanan, di sana diinterograsi oleh petugas. Kemudian santri tadi disuruh berjongkok, dan jimatnya dibakar oleh asykar.

Entah karena apa, saat jimat dibakar, si santri tadi kepanasan dan menyebut nama Allah.

"Allah...Allah...Allah"

Lhoh, ente masih mengakui Allah, sebagai Tuhan! hardik salah satu asykar.


Kemudian santri tadi mengeluarkan kepandaiannya berbahasa Arab. Dan dicapai satu kesepakatan, bahwa ia diperbolehkan memasuki kota Makkah dengan syarat ia harus disyahadatkan kembali terlebih dahulu.

Dalam batin si santri tadi sangat nggerundel, lha wong dia sejak bayi sudah santri, bapaknya kiai, ibunya bu nyai, mbah-mbahnya juga santri, lha ini dipaksa harus syahadat kembali. Tapi demi bisa mengunjungi kota Makkah ia pun mengucapkan kalimat syahadat sebagaimana permintaan Asykar.

Begitu cerita yang disampaikan oleh Gus Baha' dalam pengajian tafsirnya, yang membuat saya terpingkal-pingkal. Terima kasih Gus. Ngajinya joss luar biasa. :)


1 komentar:

  1. http://taipanqqgood.blogspot.co.id/2018/05/7-zodiak-ini-siap-jalani-hubungan-cinta.html

    Taipanbiru
    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | asiataipan . com |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus