Senin, 17 Juni 2019

Menelisik Jejak Buku Cerita Naila dan Nafa

Menelisik Jejak Buku Cerita Naila dan Nafa
Oleh: Joyo Juwoto

Cerita Naila dan Nafa adalah buku keempat saya yang terbit tahun 2018, namun karena suatu hal buku ini baru bisa dicetak tahun 2019 oleh penerbit Niramedia.

Buku saya ini bergenre fiksi, yang berisi 15 judul kumpulan cerita anak. Buku ini saya tulis dan saya persembahkan untuk anak-anakku dan juga anak-anak di seluruh penjuru dunia dengan dunia ceria dan kegembiraan yang melekat pada mereka semuanya.

Buku yang berlatar belakang cerita keseharian anak saya ini saya tulis dalam rentang waktu seenaknya saja, lepas tanpa deadline tanpa ketergesaan, dan tidak ada tekanan dari pihak manapun. Karena memang saya menulis sekedar memenuhi kebahagiaan saja.

Tulisan sederhana tentang dunia bermain anak-anak saya ini kemudian saya kumpulkan, saya baca ulang untuk saya teliti dan akhirnya saya punya keinginan untuk membukukannya.

Setelah terkumpul sebanyak 15 judul cerita akhirnya kumpulan tulisan itu saya beri judul Cerita Naila dan Nafa, saya ambil dari kedua nama anak saya. Kemudian naskah itu saya kirimkan ke teman yang memiliki penerbitan buku untuk memprosesnya.



Alhamdulillah, ketepatan saya punya teman juga yang pinter membuat lukisan anak. Namanya mbak Rosita, beliau ini selain pelukis juga pinter nulis, sebuah kemampuan yang cukup luar biasa. Dari tangan pakar mbak Rosita inilah cover buku, hingga ilustrasi gambar di setiap cerita di buku menjadi "sempurna" untuk disajikan kepada pembaca.

Walau demikian, tentu saya akui banyak kekurangan dalam buku yang saya lahirkan, dan saya berharap kritik serta saran dari pembaca untuk lebih baiknya lagi buku-buku saya ke depan. Semoga buku sederhana tersebut bisa memberikan manfaat dan memperkaya khasanah bacaan anak-anak kita.

Untuk menghibur dan memberikan apresiasi serta hadiah terhadap diri saya sendiri, saya kutip sebuah quote yang cukup bagus, "Karya yang bagus adalah karya yang selesai" jadi saya cukup bangga tulisan saya selesai dan diterbitkan menjadi sebuah buku.

Salam Pena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar