Rabu, 30 Januari 2019

Inilah wasiat Mbah Hasyim Muzadi kepada Ketua MPR Zulkifli Hasan

*Inilah wasiat Mbah Hasyim Muzadi kepada Ketua MPR Zulkifli Hasan*
Oleh: Joyo Juwoto

Dalam kunjungannya di pondok pesantren ASSALAM Bangilan Tuban, ketua MPR Zulkifli Hasan menceritakan pesan yang bisa disebut sebagai wasiat dari KH. Hasyim Muzadi yang ditujukan kepada beliau beberapa bulan sebelum Mbah Hasyim kapundut. Pesan ini menyangkut dengan urusan umat dan kebangsaan.

Pesan ini belum pernah beliau publikasikan dan beliau ceritakan kepada publik, entah apa alasannya. Namun ketika beliau hadir dalam acara sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan di pondok pesantren ASSALAM Bangilan Tuban, Rabu, 30 Januari 2019, Bang Zul, panggilan akrab Zulkifli Hasan menceritakan wasiat yang telah diterimanya kepada para santri dan asatidz ponpes ASSALAM Bangilan Tuban.

"Saya harus menyampaikan pesan dan wasiat mbah Hasyim Muzadi ini, karena ini adalah kampung beliau." Ujar Bang Zul.

"Saya dan Kiai Hasyim Muzadi berkawan cukup lama dan cukup dekat sekali, oleh karena itu beliau menitipkan ini kepada saya."

"Pesan beliau sebelum meninggal dunia ada dua. Pertama, saya disuruh menghadap bapak Jokowi agar Ibu Khofifah Indar Parawansa diijinkan mencalonkan diri sebagai gubernur Jatim. Alhamdulillah pesan ini sudah saya laksanakan, dan Bu Khofifah sudah saya kawal hingga ke kursi gubernur, sebagaimana pesan dari Mbah Hasyim."

"Pesan kedua yang disampaikan kepada saya dan sampai saat ini belum saya laksanakan adalah saya diminta untuk mengumpulkan 6000 kiai dan ulama, dan saya telah mendapatkan dokumennya, cuma saya kalau ingat ini merasa berdosa, karena belum melaksanakan permintaan beliau."

Selain menceritakan pesan dari Mbah Hasyim, Bang Zul juga memberikan motivasi kepada santri untuk terus semangat berjuang dengan tanpa lelah untuk meraih apa yang dicita-citakan.
"Hidup ini tidak mudah maka perlu perjuangan yang keras." Kata Bang Zul menutup pidatonya.

1 komentar:

  1. SubhanAllah...sungguh dahsyat pesan beliau, semoga almagbfurllah mbah Hasyim Muzadi selalu bahagia si sisi Allah, dan semoga Assalam bisa melahirkan kader2 penerus mbah hasyim, sperti apa yg dicita-citakan, amin..buat mbah joyo juwoto selaku admin blogg ini, sehat selalu gih..ditunggu karya2 berikutnya.

    BalasHapus