Selasa, 31 Mei 2022

Jobdes

Jobdes
Oleh: Joyo Juwoto

Dalam sebuah organisasi jobdes (Job description) menjadi semacam peta petunjuk, dan pembagian tugas, peran serta wewenang bagi masing-masing bagian dari organisasi tersebut, agar jalannya sebuah organisasi bisa maksimal, tidak tumpang tindih dan tidak saling silang sengkarut. 

Begitu juga dalam AD/ART FLP juga telah diatur jobdes masing-masing pengurus dan divisi. Hal ini bisa dibaca dan dipelajari dalam AD/ART tersebut. Organisasi apapun itu akan berjalan dengan baik jika dikelola dengan baik pula, jobdes adalah salah satu instrumen untuk menata dan mengelola jalannya sebuah organisasi.

Jobdes juga menjadi semacam manual book yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh pengurus maupun anggota sebuah organisasi. Jadi sebuah keputusan yang telah diambil dan ditetapkan dalam organisasi wajib hukumnya untuk dilaksanakan secara konsisten.

Saya sendiri saat terpilih sebagai ketua FLP Cab. Tuban, merasa kebingungan apa yang harus saya kerjakan untuk menunaikan amanah yang saya emban. Suka ini kurang terbiasa berfikir yang taktis dan terpola, saya terbiasa bertindak yang tidak ndinesi, jadi ketika harus mendapat amanah menakhodai sebuah organisasi, saya harus mulai belajar berorganisasi. Saya mulai belajar berkomunikasi yang baik, terstruktur dan mudah dipahami. Ya, saya lakukan ini demi sebuah kata belajar.

Setelah musyawarah pengurus yang dilaksanakan secara online tanggal 25 Mei 2020, hasil keputusan musyawarah telah menetapkan kepengurusan. Ada sekretaris, bendahara, dan beberapa divisi. Sebenarnya di dalam organisasi FLP banyak divisi-divisi, tetapi sesuai hasil musyawarah kepengurusan FLP Tuban periode 2022-2024 menetapkan 4 (empat) divisi. 

Saya berharap masing-masing divisi bisa membuat program kerja dan bisa melaksanakan amanah dari program-progam tersebut. Jika memang ada kesulitan, kendala dan sebagai  bisa dikomunikasikan dengan intern divisi dan atau berkomunikasi dengan saya. InsyaAllah saya siap berkomunikasi dan secara bersama mencari solusi terbaik.

Demikian beberapa hal yang saya pikirkan saat ini, dan  berputar-putar di kepala saya. Saya harus menumpahkannya agar tidak mengganggu tidur saya. Semoga teman-teman yang sedang mengemban amanah di divisi apapun diberi kemudahan untuk  bisa melaksanakan apa yang telah diprogramkan. Aamiin. 

Bangilan, 30 Mei 2022

2 komentar: