Kamis, 07 April 2022

Ramadhan Bulan Membaca

Ramadhan Bulan Membaca
Oleh: Joyo Juwoto
Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya al Qur'an, bulan di mana Rasulullah SAW pertama kali ditemui malaikat Jibril untuk menerima wahyu. Ayat pertama yang turun adalah surat al alaq ayat 1-5. Ayat pertama yang turun adalah perintah untuk membaca. Iqra' bismirabbikalladzii kholaq. Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Maha Menciptakan.

Saya di sini tidak hendak menafsirkan ayat Al-Quran, karena bukan kapasitas saya. Karena ilmu tafsir sudah ada kualifikasinya tersendiri. Saya hanya ingin menadabburi firman Allah guna mengambil faedah dan hikmah khususnya untuk diri pribadi saya. Sebagaimana yang sering Cak Nun katakan dalam Maiyahnya. 

Ayat pertama yang turun kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW sangat jelas, yaitu perintah untuk membaca, karena iqra' adalah fiil amar yang dalam ilmu nahwu bermakna perintah. Jadi perintah Allah yang pertama adalah membaca, bukan perintah untuk shalat, zakat, maupun ibadah lainnya. 

Jadi sangat tepat jika bulan Ramadhan adalah bulan membaca, karena Allah menurunkan ayat iqra' di bulan ramadhan. Oleh karena itu sudah menjadi tradisi umat islam di bulan ramadhan semarak membaca al Qur'an bergema di mana-mana. Tiap mushola, masjid, dan di rumah orang-orang sama sibuk membaca Al-Quran. Kesibukan membaca Al-Quran pada bulan Ramadhan meningkat, silakan diperhatikan. 

Tidak hanya membaca Al Qur'an, umat islam, para santri sama mengaji kitab kuning. Pondok pesantren disibukkan dengan kegiatan pasanan baik untuk santri mukim maupun santri yang datang hanya sekedar pasanan di bulan ramadhan. 

Saya sendiri punya tradisi jika ramadhan berusaha mengkhatamkan membaca al Qur'an, walau hanya sekali khatam di bulan ramadhan. Tradisi ini sudah saya lakukan sejak di pondok dulu, karena mbah Yai waktu itu menasehati santri-santri untuk menyibukkan diri dengan membaca Al-Quran pada bulan ramadhan. Semoga ramadhan tahun ini saya bisa mengkhatamkannya juga. Aamiin. 

7 April 2022 M/ 5 Ramadhan 1443 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar