RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                                   : 
Mata Pelajaran                        : Seni Budaya/Seni Kaligrafi
Kelas/Semester                        : VII ( tujuh )/1 ( satu ) 
Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi               : 1. Mengapresiasikan Seni Kaligrafi
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mengidentifikasi Jenis Seni Kaligrafi dan macam-macamnya 
A.    Tujuan Pembelajaran 
Siswa mampu untuk          :
1.      Mendeskripsikan pengertian seni secara umum 
2.      Mendeskripsikan pengertian seni kaligrafi 
3.      Mengetahui macam-macam bentuk khot/kaligrafi arab
B.     Materi Pembelajaran      : 
1.      Referensi tentang pengertian seni dan kaligrafi
2.      macam-macam bentuk khot/kaligrafi arab
C.    Metode Pembelajaran     : Metode Baca Aktif dan Tanya Jawab
D.    Skenario/Langkah-langkah  Kegiatan Pembelajaran 
a.       Motivasi dan Apersepsi
                                         Siswa melihat tayangan slide/contoh gambar ilustrasi
b.      Kegiatan Inti   :
1.      Membaca referensi tentang seni kaligrafi
2.      Melihat macam-macam khot/kaligrafi arab dan mengidentifikasi nama-nama serta bentuknya
3.      Tanya Jawab tentang seni kaligrafi dan bentuknya
c.       Kegiatan Penutup
Refleksi : Siswa mengerjakan tes tulis
E.     Sumber belajar  
1. Buku teks Slide /contoh –contoh 
2. gambar ilustrasi 
3. Peragaan Guru
F.     Penilaian     
Indikator  |    Teknik    Peilaian  |    Bentuk  Instrumen  |     Instrumen  |   
Mengidentifikasi pengertian seni dan seni kaligrafi  |    Tes tulis  |    Uraian singkat  |    Apa yang dimaksud dengan seni? Jelaskan dengan singkat pengertian kaligrafi dan   jenis-jenisnya !  |   
Contoh lembar penilaian seni rupa
Aspek yang dinilai  |    Nilai Kualitatif  |    Nilai Kuantitatif  |   |
Kelengkapan devinisi   untuk tiap istilah  |    |||
Kedalaman pengetahuan   tentang istilah  |    |||
Ketepatan devinisi   untuk tiap istilah  |    |||
Devinisi bersifat objektif  |    |||
Jumlah Nilai  |    |||
Kriteria Penilaian :
Kriteria   Indikator  |    Nilai Kualitatif  |    Nilai Kuantitatif  |   
80-100  |    Memuaskan  |    4  |   
70-79  |    Baik  |    3  |   
60-69  |    Cukup  |    2  |   
45-59  |    Kurang   cukup  |    1  |   
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran
..........................................                                        ................................                                                        NIP/NIK                                                                             NIP/NIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                                   : 
Mata Pelajaran                        : Seni Budaya/Seni Kaligrafi
Kelas/Semester                        : VII ( tujuh )/1 ( satu ) 
Alokasi Waktu                        : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi               : 1. Mengapresiasikan Seni Kaligrafi
Kompetensi Dasar                   : 1.2. Mengetahui sejarah Kaligrafi arab dan Perkembangannya dari masa ke masa 
A.    Tujuan Pembelajaran 
Siswa mampu untuk          :
1.      Mendiskripsikan Kaligrafi di masa dahulu 
2.      Mendiskripsikan kaligrafi di masa Islam
3.      Mendiskripsikan kaligrafi kontemporer
4.      Mendiskripsikan keragaman jenis, bentuk, dan makna seni kaligrafi
B.     Materi Pembelajaran      : 
1.      Sejarah kaligrafi dari masa lampau sampai masa kontemporer
2.      Beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan dan fungsi karya seni kaligrafi
C.    Metode Pembelajaran     : Metode Baca Aktif dan Diskusi kelompok
D.    Skenario/Langkah-langkah  Kegiatan Pembelajaran 
a.       Motivasi dan Apersepsi          :
Menanamkan dalam jiwa siswa rasa bangga terhadap Islam dan kebudayaannya yang disinari oleh intisari ajaran Al-Qur’an dan sunnah. 
b.      Kegiatan Inti   :
1.      Membaca referensi sejarah seni kaligrafi
2.      Mengetahui manfa’at seni kaligrafi bagi Islam dan kebudayaannya
3.      Melihat teks Al-Qur’an generasi pertama dan maha karya para seniman muslim dari masa ke masa
4.      Mendiskusikan keragaman jenis, bentuk , fungsi dan makna seni kaligrafi.
c.       Kegiatan Penutup
Refleksi : Presentasi hasil diskusi kelompok dan Tanya jawab.
E.     Sumber belajar  
1.      Buku teks 
2.      Slide /contoh –contoh gambar ilustrasi
3.      Peragaan Guru
F.     Penilaian     
Indikator  |    Teknik    Penilaian  |    Bentuk  Instrumen  |     Instrumen  |   
Mendiskripsikan sejarah singkat penulisan kaligrafi   dari masa kemasa Mendiskripsikan beragam jenis, bentuk, fungsi dan   makna seni kaligrafi dalam Islam.  |    Tes tulis Diskusi dengan teks tertulis  |    Uraian singkat Membuat teks yang berisi jenis, bentuk, fungsi dan   makna kaligrafi dalam Islam  |    Jelaskan dengan singkat sejarah penulisan kaligrafi   dari masa ke masa Diskusikanlah per kelompok tentang jenis, bentuk,   fungsi, dan makna seni kaligrafi dalam Islam  |   
Contoh lembar penilaian seni rupa
Aspek yang dinilai  |    Nilai Kualitatif  |    Nilai Kuantitatif  |   |
Keakuratan jenis   karya kaligrafi sesuai dengan masanya  |    |||
Keberagaman jenis dan   hasil karya yang diamati  |    |||
Laporan hasil karya   dari diskusi dengan menggunakan bahasa dengan baik  |    |||
Jumlah Nilai  |    |||
Kriteria Penilaian :
Kriteria   Indikator  |    Nilai Kualitatif  |    Nilai Kuantitatif  |   
80-100  |    Memuaskan  |    4  |   
70-79  |    Baik  |    3  |   
60-69  |    Cukup  |    2  |   
45-59  |    Kurang   cukup  |    1  |   
Bangilan, .................., ...........
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran
..........................................                                        ................................                                                        
NIP/NIK                                                                   NIP/NIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar