RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Kaligrafi
Kelas/Semester : VII ( tujuh )/1 ( satu )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasikan Seni Kaligrafi
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi Jenis Seni Kaligrafi dan macam-macamnya
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk :
1. Mendeskripsikan pengertian seni secara umum
2. Mendeskripsikan pengertian seni kaligrafi
3. Mengetahui macam-macam bentuk khot/kaligrafi arab
B. Materi Pembelajaran :
1. Referensi tentang pengertian seni dan kaligrafi
2. macam-macam bentuk khot/kaligrafi arab
C. Metode Pembelajaran : Metode Baca Aktif dan Tanya Jawab
D. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Motivasi dan Apersepsi
Siswa melihat tayangan slide/contoh gambar ilustrasi
b. Kegiatan Inti :
1. Membaca referensi tentang seni kaligrafi
2. Melihat macam-macam khot/kaligrafi arab dan mengidentifikasi nama-nama serta bentuknya
3. Tanya Jawab tentang seni kaligrafi dan bentuknya
c. Kegiatan Penutup
Refleksi : Siswa mengerjakan tes tulis
E. Sumber belajar
1. Buku teks Slide /contoh –contoh
2. gambar ilustrasi
3. Peragaan Guru
F. Penilaian
Indikator | Teknik Peilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen |
Mengidentifikasi pengertian seni dan seni kaligrafi | Tes tulis | Uraian singkat | Apa yang dimaksud dengan seni? Jelaskan dengan singkat pengertian kaligrafi dan jenis-jenisnya ! |
Contoh lembar penilaian seni rupa
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Kelengkapan devinisi untuk tiap istilah | |||
Kedalaman pengetahuan tentang istilah | |||
Ketepatan devinisi untuk tiap istilah | |||
Devinisi bersifat objektif | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.......................................... ................................ NIP/NIK NIP/NIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Kaligrafi
Kelas/Semester : VII ( tujuh )/1 ( satu )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasikan Seni Kaligrafi
Kompetensi Dasar : 1.2. Mengetahui sejarah Kaligrafi arab dan Perkembangannya dari masa ke masa
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk :
1. Mendiskripsikan Kaligrafi di masa dahulu
2. Mendiskripsikan kaligrafi di masa Islam
3. Mendiskripsikan kaligrafi kontemporer
4. Mendiskripsikan keragaman jenis, bentuk, dan makna seni kaligrafi
B. Materi Pembelajaran :
1. Sejarah kaligrafi dari masa lampau sampai masa kontemporer
2. Beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan dan fungsi karya seni kaligrafi
C. Metode Pembelajaran : Metode Baca Aktif dan Diskusi kelompok
D. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Motivasi dan Apersepsi :
Menanamkan dalam jiwa siswa rasa bangga terhadap Islam dan kebudayaannya yang disinari oleh intisari ajaran Al-Qur’an dan sunnah.
b. Kegiatan Inti :
1. Membaca referensi sejarah seni kaligrafi
2. Mengetahui manfa’at seni kaligrafi bagi Islam dan kebudayaannya
3. Melihat teks Al-Qur’an generasi pertama dan maha karya para seniman muslim dari masa ke masa
4. Mendiskusikan keragaman jenis, bentuk , fungsi dan makna seni kaligrafi.
c. Kegiatan Penutup
Refleksi : Presentasi hasil diskusi kelompok dan Tanya jawab.
E. Sumber belajar
1. Buku teks
2. Slide /contoh –contoh gambar ilustrasi
3. Peragaan Guru
F. Penilaian
Indikator | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen |
Mendiskripsikan sejarah singkat penulisan kaligrafi dari masa kemasa Mendiskripsikan beragam jenis, bentuk, fungsi dan makna seni kaligrafi dalam Islam. | Tes tulis Diskusi dengan teks tertulis | Uraian singkat Membuat teks yang berisi jenis, bentuk, fungsi dan makna kaligrafi dalam Islam | Jelaskan dengan singkat sejarah penulisan kaligrafi dari masa ke masa Diskusikanlah per kelompok tentang jenis, bentuk, fungsi, dan makna seni kaligrafi dalam Islam |
Contoh lembar penilaian seni rupa
Aspek yang dinilai | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | |
Keakuratan jenis karya kaligrafi sesuai dengan masanya | |||
Keberagaman jenis dan hasil karya yang diamati | |||
Laporan hasil karya dari diskusi dengan menggunakan bahasa dengan baik | |||
Jumlah Nilai |
Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
80-100 | Memuaskan | 4 |
70-79 | Baik | 3 |
60-69 | Cukup | 2 |
45-59 | Kurang cukup | 1 |
Bangilan, .................., ...........
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.......................................... ................................
NIP/NIK NIP/NIK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar