SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan salat dan khutbah jum’at
1.2 Mempraktikkan khutbah dan salat jum’at
B. Materi Pokok
Salat dan Khutbah Jum’at
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Pengertian salat jum’at
- Kaifiyah salat jum’at
- Khutbah jum’at
D. Indikator
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat jum’at
- Menyebutkan hukum salat jum’at
- Menyebutkan dasar hukum salat jum’at
- Menyebutkan syarat-syarat wajib salat jum’at
- Menyebutkan syarat sah mendirikan salat jum'at
- Menjelaskan halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
- Menyebutkan rukun khutbah jum’at
- Menyebutkan syarat khutbah jum’at
- Menyebutkan sunnah khutbah jum’at
- Menyebutkan amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
- Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat jum’at
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan,perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat jum’at
- Berikut ini yang termasuk hukum menjalankan salat jum’at adalah....
a. Wajib ain
b. Sunnah
c. Wajib kifayah
d. Makruh
- Dasar hukum menjalankan salat jum’at bagi orang mukmin termuat dalam al Quran surat…. Ayat….
- Di bawah ini adalah syarat-syarat wajib salat jum’at, kecuali
a. Islam
b. Laki-laki
c. Berakal
d. Bersuci
- Sebutkan syarat sah mendirikan salat jum'at
- Sebutkan beberapa halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
- Sebutkan rukun khutbah jum,at
- Sebutkan syarat khutbah jum’at
- Sebutkan sunnah khutbah jum’at
- Sebutkan amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
- Sebutkan hal-hal yang membatalkan salat jum’at
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqih
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
1.3 Menjelaskan ketentuan salat jenazah
1.4 Menghafal bacaan-bacaan salat jenazah
1.5 Mempraktikkan salat jenazah
B. Materi Pokok :
Salat jenazah
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Pengertian salat jenazah
- Hukum melaksanakan salat jenazah
- Dasar hukum salat jenazah
- Syarat-syarat salat jenazah
- Rukun salat jenazah
- Sunah salat jenazah
- Cara melaksanakan salat jenazah
- Pengertian salat ghaib
- Pengertian mati syahid
D. Indikator
Siswa dapat:
- Menjelaskan pengertian salat jenazah
- Menyebutkan hukum melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan dasar hukum melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan syarat-syarat melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan rukun salat jenazah
- Menyebutkan sunnah-sunnah salat jenazah
- Mempraktikkan salat jenazah
- Menjelaskan pengertian salat ghaib
- Menjelaskan pengertian mati syahid
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan dan perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat jenazah
- Sebutkan hukum melaksanakan salat jenazah
- Sebutkan salah satu hadits yang menjadi dasar hukum melaksanakan salat jenazah
- Di bawah ini adalah syarat-syarat salat jenazah, kecuali
a. Suci dari hadas dan najis
b. Menghadap kiblat
c. Menutup aurat
d. Takbir empat kali
- Sebutkan rukun salat jenazah
- Sebutkan sunnah salat jenazah
- Jelaskan pengertian salat ghaib
- Jelaskan pengertian mati syahid
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqih
MUSLIKHIN, S.PdI NUR QOSIM
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tatacara salat jama’, qashar dan jama’ qashar serta salat dalam keadaan darurat
Alokasi Waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
2.2 Mempraktikkan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
B. Materi Pokok :
Salat jama’, qashar dan jama’ qashar
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Salat jama’
- Salat qashar
- Salat jama’ qashar
D. Indikator
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat jama’
- Menyebutkan dasar hukum salat jama’
- Menyebutkan macam-macam salat jama’
- Menyebutkan salat yang boleh dijama’
- Menyebutkan syarat-syarat salat jama’
- Mempraktikkan salat jama’ taqdim dan ta’khir
- Menjelaskan pengertian salat qashar
- Menyebutkan dasar hukum salat qashar
- Menyebutkan salat yang boleh diqashar
- Menyebutkan hukum salat qashar
- Menyebutkan syarat-syarat salat qashar
- Mempraktikkan salat qashar
- Menjelaskan pengertian salat jama’ qashar
- mpraktikkan salat jama’ qashar
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan,perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat jama’
- Sebutkan dasar hukum salat jama’
- Sebutkan macam salat jama’
- Sebutkan salat yang boleh dijama’
- Di bawah ini adalah syarat-syarat wajib salat jama’, kecuali
a. Musafir
b. Berniat salat jama’
c. Dalam keadaan tertentu seperti sakit
d. Perjalanan paling sedikit 80,64 km
- Jelaskan pengertian salat qashar
- Sebutkan dasar hukum salat qashar
- Sebutkan salat yang boleh diqashar
- Sebutkan hukum mengqashar salat
- Sebutkan syarat-syarat diperbolehkannya salat diqashar
- Jelaskan pengertian salat jama’ qashar
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqi
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tatacara salat jama’, qashar dan jama’ qashar serta salat dalam keadaan darurat
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
2.4 Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
B. Materi Pokok
Salat dalam keadaan darurat
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Pengertian salat dalam keadaan darurat
- Cara salat ketika sedang sakit
- Cara salat dalm kendaraan
D. Indikator
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat salat dalam keadaan darurat
- Menyebutkan dasar hukum salat dalam keadaan darurat
- Menjelaskan cara melaksanakan salat ketika sedang sakit
- Mempraktikkan salat ketika sedang sakit
- Menjelaskan cara melaksanakan salat dalam kendaraan
- Mempraktikkan salat ketika dalam kendaraan
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan, perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat dalam keadaan darurat
- Sebutkan satu hadits yang menjadi dasar hukum salat dalam keadaan darurat
- Jelaskan cara pelaksanaan salat ketika sedang sakit
- Jelaskan cara pelaksanaan salat dalam kendaraan
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqih
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tata cara salat sunnah muakkad dan ghairu muakkad
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan ketentuan salat sunnah muakkad
3.2 Menjelaskan macam-macam salat sunnah muakkad
3.3 Mempraktikkan salat sunnah muakkad
3.4 Menjelaskan ketentuan salat sunnah ghairu muakkad
3.5 Menjelaskan macam-macam salat sunnah ghairu muakkad
3.6 Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad
B. Materi Pokok
Salat sunnah
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Pengertian salat sunnah
D. Indikator
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat sunnah
- Menjelaskan hukum salat sunnah
- Menjelaskan pengertian amalan sunnah
- Menyebutkan pembagian salat sunnah
- Menjelaskan pengertian salat sunnah muakkad
- Menjelaskan pengertian salat sunnah ghairu muakkad
- Menjelaskan pengertian salat sunnah rawatib
- Menyebutkan macam-macam salat sunnah rawatib
- Menyebutkan salat sunnah rowatib yang muakkad
- Menyebutkan salat sunnah rowatib yang ghairu muakkad
- Meyebutkan bilangan rakaat salat sunah rawatib
- Menyebutkan macam-macam salat sunnah selain rawatib
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan,perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat sunnah
- Jelaskan hukum salat sunnah
- Jelaskan pengertian amalan sunnah
- Sebutkan pembagian salat sunnah
- Jelaskan pengertian salat sunnah muakkad
- Jelaskan pengertian salat sunnah ghairu muakkad
- Jelaskan pengertian salat sunnah rawatib
- Sebutkan macam-macam salat sunnah rawatib
- Sebutkan salat sunnah rawatib yang muakkad
- Sebutkan salat sunnah rawatib yang ghairu muakkad
- Sebutkan bilangan rakaat salat sunah rawatib
- Sebutkan macam-macam salat sunnah selain rawatib
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqih
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan salat dan khutbah jum’at
1.2 Mempraktikkan khutbah dan salat jum’at
C. Indikator
Pertemuan Pertama
a. Menjelaskan pengertian salat jum’at
b. Menyebutkan hukum salat jum’at
c. Menyebutkan dasar hukum salat jum’at
d. Menyebutkan syarat-syarat wajib salat jum’at
e. Menyebutkan syarat sah mendirikan salat jum'at
f. Menjelaskan halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
Pertemuan Kedua
a. Menyebutkan rukun dua khutbah jum’at
b. Menyebutkan syarat dua khutbah jum’at
c. Menyebutkan amalan sunah yang bersangkutan dengan khutbah jum’at
d. Menyebutkan amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
e. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat jum’at
f. Dapat mempraktikkan khutbah dan salat jum’at
D. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian salat jum’at
b. Menyebutkan hukum salat jum’at
c. Menyebutkan dasar hukum salat jum’at
d. Menyebutkan syarat-syarat wajib salat jum’at
e. Menyebutkan syarat sah mendirikan salat jum'at
f. Menjelaskan halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
2. Pertemuan Kedua
Siswa dapat :
a. Menyebutkan rukun dua khutbah jum’at
b. Menyebutkan syarat dua khutbah jum’at
c. Menyebutkan amalan sunah yang bersangkutan dengan khutbah jum’at
d. Menyebutkan amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
e. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat jum’at
f. Dapat mempraktikkan khutbah dan salat jum’at
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat dan Khutbah Jum’at
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
Student Facilitator and Explaining (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya)
2. Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Pemberian tugas
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan aprsepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat jum’at
• Hukum salat jum’at
• Dasar hukum salat jum’at
• Syarat-syarat wajib salat jum’at
• Syarat sah mendirikan salat jum'at
• Halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
2. Pertemuan Kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan apresepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Rukun dua khutbah jum’at
• Syarat dua khutbah jum’at
• Amalan sunah yang bersangkutan dengan khutbah jum’at
• Amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
• Praktik khutbah dan salat jum’at
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Catatan :
- Langkah- langkah model pembelajaran ” Student Facilitator and Explaining” adalah sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemontrasikan atau menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
B. Kompetensi Dasar
1.3 Mempraktikkan salat jenazah
1.4 Menjelaskan ketentuan salat jenazah
1.5 Menghafal bacaan-bacaan salat jenazah
C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian salat jenazah
2. Menyebutkan hukum melaksanakan salat jenazah
3. Menyebutkan dasar hukum melaksanakan salat jenazah
4. Menyebutkan syarat-syarat melaksanakan salat jenazah
5. Menyebutkan rukun salat jenazah
6. Menyebutkan sunnah salat jenazah
7. Mempraktikkan salat jenazah
8. Menjelaskan pengertian salat ghaib
9. Menjelaskan pengertian mati syahid
D. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat jenazah
- Menyebutkan hukum melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan dasar hukum melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan syarat-syarat melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan rukun salat jenazah
- Menyebutkan sunnah salat jenazah
- Mempraktikkan salat jenazah
- Menjelaskan pengertian salat ghaib
- Menjelaskan pengertian mati syahid
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat Jenazah
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
“Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya),
2. Metode :
a. Ceramah
b. Diskusi kelompok
c. Pemberian tugas
d. Praktik
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama :
a. Kegiatan Pendahuluan
Motifasi dan aprsepsi / pre tes
• Di dalam hidup bermasyarakat seorang muslim mempunyai hak dan kewajiban dengan sesama muslim, coba sebutkan hak orang Islam terhadap orang Islam lainnya
• Apakah salat jenazah termasuk hak orang muslim?
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model pembelajaran ”SFE” guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat jenazah
• Hukum melaksanakan salat jenazah
• Dasar hukum salat jenazah
• Syarat-syarat salat jenazah
• Rukun salat jenazah
• Sunah salat jenazah
• Cara melaksanakan salat jenazah
• Pengertian salat ghaib
• Pengertian mati syahid
2) Guru memberikan tugas pada tiap-tiap kelompok/pasangan siswa untuk diskusi tentang :
• Pengertian salat jenazah
• Hukum melaksanakan salat jenazah
• Dasar hukum salat jenazah
• Syarat-syarat salat jenazah
• Rukun salat jenazah
• Sunah salat jenazah
• Cara melaksanakan salat jenazah
• Pengertian salat ghaib
• Pengertian mati syahid
3) Guru menyuruh siswa untuk berganti pasangan dan membawa catatan hasil tugasnya untuk didiskusikan dengan pasangannya yang baru
4) Siswa kembali kepada pasangannya semula dengan membawa temuan/jawaban baru dari pasangan yang baru
5) Guru memberi kuis atau pertanyaan kepada seluruh siswa, pada waktu menjawab kuis siswa yang lain tidak boleh membantu
6) Guru memberi evaluasi pada semua peserta didik dan mengumpulkannya
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah didiskusikan
3) Guru menginformasikan bahwa pelajaran yang akan datang adalah ulangan harian tentang salat jenazah
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Catatan :
- Langkah- langkah model pembelajaran ” Student Facilitator and Explaining” adalah sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemontrasikan atau menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
Melaksanakan tatacara salat jama’, qashar dan jama’ qashar serta salat dalam keadaan darurat
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
Mempraktikkan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
C. Indikator
1. Pertemuan Pertama
a. Menjelaskan pengertian salat jama’
b. Menyebutkan dasar hukum salat jama’
c. Menyebutkan macam-macam salat jama’
d. Menyebutkan salat yang boleh dijama’
e. Menyebutkan syarat-syarat salat jama’
f. Mempraktikkan salat jama’ taqdim dan ta’khir
2. Pertemuan Kedua
a. Menjelaskan pengertian salat qashar
b. Menyebutkan dasar hukum salat qashar
c. Menyebutkan salat yang boleh diqashar
d. Menyebutkan hukum salat qashar
e. Menyebutkan syarat-syarat diperbolehkannya salat diqashar
f. Mempraktikkan salat qashar
g. Menjelaskan pengertian salat jama’ qashar
h. Mempraktikkan salat jama’ qashar
D. Tujuan Pembelajaran
3. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian salat jama’
b. Menyebutkan dasar hukum salat jama’
c. Menyebutkan macam-macam salat jama’
d. Menyebutkan salat yang boleh dijama’
e. Menyebutkan syarat-syarat salat jama’
f. Mempraktikkan salat jama’ taqdim dan ta’khir
4. Pertemuan Kedua
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian salat qashar
b. Menyebutkan dasar hukum salat qashar
c. Menyebutkan salat yang boleh diqashar
d. Menyebutkan hukum salat qashar
e. Menyebutkan syarat-syarat diperbolehkannya salat diqashar
f. Mempraktikkan salat qashar
g. Menjelaskan pengertian salat jama’ qashar
h. Mempraktikkan salat jama’ qashar
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat jama’, qashar dan jama’ qashar
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
Student Facilitator and Explaining (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya)
2. Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Praktik
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan aprsepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat jama’
• Dasar hukum salat jama’
• Macam-macam salat jama’
• Salat yang boleh dijama’
• Syarat-syarat salat jama’
• Tatacara salat jama’
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
2. Pertemuan Kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan apresepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat qashar
• Dasar hukum salat qashar
• Salat yang boleh diqashar
• Hukum salat qashar
• Syarat-syarat diperbolehkannya salat diqashar
• Tatacara salat qashar
• Pengertian salat jama’ qashar
• Tatacara salat jama’ qashar
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Catatan :
- Langkah- langkah model pembelajaran ” Student Facilitator and Explaining” adalah sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemontrasikan atau menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
Melaksanakan tatacara salat jama’, qashar dan jama’ qashar serta salat dalam keadaan darurat
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
C. Indikator
a. Menjelaskan pengertian salat dalam keadaan darurat
b. Menyebutkan dasar hukum salat dalam keadaan darurat
c. Menjelaskan cara melaksanakan salat ketika sedang sakit
d. Mempraktikkan salat ketika sedang sakit
e. Menjelaskan cara melaksanakan salat dalam kendaraan
f. Mempraktikkan salat ketika dalam kendaraan
D. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian salat dalam keadaan darurat
b. Menyebutkan dasar hukum salat dalam keadaan darurat
c. Menjelaskan cara melaksanakan salat ketika sedang sakit
d. Mempraktikkan salat ketika sedang sakit
e. Menjelaskan cara melaksanakan salat dalam kendaraan
f. Mempraktikkan salat ketika dalam kendaraan
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat dalam Keadaan Darurat
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
Student Facilitator and Explaining (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya)
2. Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Praktik
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan aprsepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat dalam keadaan darurat
• Dasar hukum salat dalam keadaan darurat
• Salat ketika sedang sakit
• Cara melaksanakan salat ketika sedang sakit
• Salat dalam kendaraan
• Cara melaksanakan salat dalam kendaraan
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
Melaksanakan tata cara salat sunnah muakkad dan ghairu muakkad
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan ketentuan salat sunnah muakkad
3.2 Menjelaskan macam-macam salat sunnah muakkad
3.3 Mempraktikkan salat sunnah muakkad
3.4 Menjelaskan ketentuan salat sunnah ghairu muakkad
3.5 Menjelaskan macam-macam salat sunnah ghairu muakkad
3.6 Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad
C. Indikator
1. Pertemuan Pertama
a. Menjelaskan pengertian salat sunnah
b. Menjelaskan hukum salat sunnah
c. Menjelaskan pengertian amalan sunnah
d. Menyebutkan pembagian salat sunnah
e. Menjelaskan pengertian salat sunnah muakkad
f. Menjelaskan pengertian salat sunnah ghairu muakkad
g. Menjelaskan pengertian salat sunnah rawatib
h. Menyebutkan macam-macam salat sunnah rawatib
i. Menyebutkan salat sunnah rawatib yang muakkad
j. Menyebutkan salat sunnah rawatib yang ghairu muakkad
k. Meyebutkan bilangan rakaat salat sunah rawatib
2. Pertemuan Kedua
Menyebutkan macam-macam salat sunnah selain rowatib
D. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
l. Menjelaskan pengertian salat sunnah
m. Menjelaskan hukum salat sunnah
n. Menjelaskan pengertian amalan sunnah
o. Menyebutkan pembagian salat sunnah
p. Menjelaskan pengertian salat sunnah muakkad
q. Menjelaskan pengertian salat sunnah ghairu muakkad
r. Menjelaskan pengertian salat sunnah rawatib
s. Menyebutkan macam-macam salat sunnah rawatib
t. Menyebutkan salat sunnah rawatib yang muakkad
u. Menyebutkan salat sunnah rawatib yang ghairu muakkad
v. Meyebutkan bilangan rakaat salat sunah rawatib
3. Pertemuan Kedua
Siswa dapat :
a. Menyebutkan macam-macam salat sunnah selain rowatib
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat Sunnah
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
Student Facilitator and Explaining (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya)
2. Metode :
a. Ceramah bervariasi
b. Diskusi kelompok
c. Memberi tugas
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama :
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Motifasi dan aprsepsi / pre tes
- Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan awal/pre tes
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran ”SFE” guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat sunnah
• Hukum salat sunnah
• Pengertian amalan sunnah
• Pembagian salat sunnah
• Pengertian salat sunnah muakkad
• Pengertian salat sunnah ghairu muakkad
• Pengertian salat sunnah rawatib
• Macam-macam salat sunnah rawatib
• Salat sunnah rawatib yang muakkad
• Salat sunnah rawatib yang ghairu muakkad
• Bilangan rakaat salat sunah rawatib
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Tindak lanjut dengan memberi tugas PR
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Motifasi dan apresepsi / pre tes
- Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan awal/pre tes
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran ”SFE” guru menyajikan materi tentang :
• Macam-macam salat sunnah selain rawatib
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Tindak lanjut dengan memberi tugas PR
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Catatan :
- Langkah- langkah model pembelajaran ” Student Facilitator and Explaining” adalah sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemontrasikan atau menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
Nama Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan salat dan khutbah jum’at
1.2 Mempraktikkan khutbah dan salat jum’at
B. Materi Pokok
Salat dan Khutbah Jum’at
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Pengertian salat jum’at
- Kaifiyah salat jum’at
- Khutbah jum’at
D. Indikator
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat jum’at
- Menyebutkan hukum salat jum’at
- Menyebutkan dasar hukum salat jum’at
- Menyebutkan syarat-syarat wajib salat jum’at
- Menyebutkan syarat sah mendirikan salat jum'at
- Menjelaskan halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
- Menyebutkan rukun khutbah jum’at
- Menyebutkan syarat khutbah jum’at
- Menyebutkan sunnah khutbah jum’at
- Menyebutkan amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
- Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat jum’at
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan,perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat jum’at
- Berikut ini yang termasuk hukum menjalankan salat jum’at adalah....
a. Wajib ain
b. Sunnah
c. Wajib kifayah
d. Makruh
- Dasar hukum menjalankan salat jum’at bagi orang mukmin termuat dalam al Quran surat…. Ayat….
- Di bawah ini adalah syarat-syarat wajib salat jum’at, kecuali
a. Islam
b. Laki-laki
c. Berakal
d. Bersuci
- Sebutkan syarat sah mendirikan salat jum'at
- Sebutkan beberapa halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
- Sebutkan rukun khutbah jum,at
- Sebutkan syarat khutbah jum’at
- Sebutkan sunnah khutbah jum’at
- Sebutkan amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
- Sebutkan hal-hal yang membatalkan salat jum’at
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqih
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
1.3 Menjelaskan ketentuan salat jenazah
1.4 Menghafal bacaan-bacaan salat jenazah
1.5 Mempraktikkan salat jenazah
B. Materi Pokok :
Salat jenazah
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Pengertian salat jenazah
- Hukum melaksanakan salat jenazah
- Dasar hukum salat jenazah
- Syarat-syarat salat jenazah
- Rukun salat jenazah
- Sunah salat jenazah
- Cara melaksanakan salat jenazah
- Pengertian salat ghaib
- Pengertian mati syahid
D. Indikator
Siswa dapat:
- Menjelaskan pengertian salat jenazah
- Menyebutkan hukum melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan dasar hukum melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan syarat-syarat melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan rukun salat jenazah
- Menyebutkan sunnah-sunnah salat jenazah
- Mempraktikkan salat jenazah
- Menjelaskan pengertian salat ghaib
- Menjelaskan pengertian mati syahid
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan dan perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat jenazah
- Sebutkan hukum melaksanakan salat jenazah
- Sebutkan salah satu hadits yang menjadi dasar hukum melaksanakan salat jenazah
- Di bawah ini adalah syarat-syarat salat jenazah, kecuali
a. Suci dari hadas dan najis
b. Menghadap kiblat
c. Menutup aurat
d. Takbir empat kali
- Sebutkan rukun salat jenazah
- Sebutkan sunnah salat jenazah
- Jelaskan pengertian salat ghaib
- Jelaskan pengertian mati syahid
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqih
MUSLIKHIN, S.PdI NUR QOSIM
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tatacara salat jama’, qashar dan jama’ qashar serta salat dalam keadaan darurat
Alokasi Waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
2.2 Mempraktikkan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
B. Materi Pokok :
Salat jama’, qashar dan jama’ qashar
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Salat jama’
- Salat qashar
- Salat jama’ qashar
D. Indikator
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat jama’
- Menyebutkan dasar hukum salat jama’
- Menyebutkan macam-macam salat jama’
- Menyebutkan salat yang boleh dijama’
- Menyebutkan syarat-syarat salat jama’
- Mempraktikkan salat jama’ taqdim dan ta’khir
- Menjelaskan pengertian salat qashar
- Menyebutkan dasar hukum salat qashar
- Menyebutkan salat yang boleh diqashar
- Menyebutkan hukum salat qashar
- Menyebutkan syarat-syarat salat qashar
- Mempraktikkan salat qashar
- Menjelaskan pengertian salat jama’ qashar
- mpraktikkan salat jama’ qashar
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan,perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat jama’
- Sebutkan dasar hukum salat jama’
- Sebutkan macam salat jama’
- Sebutkan salat yang boleh dijama’
- Di bawah ini adalah syarat-syarat wajib salat jama’, kecuali
a. Musafir
b. Berniat salat jama’
c. Dalam keadaan tertentu seperti sakit
d. Perjalanan paling sedikit 80,64 km
- Jelaskan pengertian salat qashar
- Sebutkan dasar hukum salat qashar
- Sebutkan salat yang boleh diqashar
- Sebutkan hukum mengqashar salat
- Sebutkan syarat-syarat diperbolehkannya salat diqashar
- Jelaskan pengertian salat jama’ qashar
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqi
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tatacara salat jama’, qashar dan jama’ qashar serta salat dalam keadaan darurat
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
2.4 Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
B. Materi Pokok
Salat dalam keadaan darurat
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Pengertian salat dalam keadaan darurat
- Cara salat ketika sedang sakit
- Cara salat dalm kendaraan
D. Indikator
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat salat dalam keadaan darurat
- Menyebutkan dasar hukum salat dalam keadaan darurat
- Menjelaskan cara melaksanakan salat ketika sedang sakit
- Mempraktikkan salat ketika sedang sakit
- Menjelaskan cara melaksanakan salat dalam kendaraan
- Mempraktikkan salat ketika dalam kendaraan
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan, perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat dalam keadaan darurat
- Sebutkan satu hadits yang menjadi dasar hukum salat dalam keadaan darurat
- Jelaskan cara pelaksanaan salat ketika sedang sakit
- Jelaskan cara pelaksanaan salat dalam kendaraan
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqih
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Nama Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/II
Standar Kompetensi : Melaksanakan tata cara salat sunnah muakkad dan ghairu muakkad
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan ketentuan salat sunnah muakkad
3.2 Menjelaskan macam-macam salat sunnah muakkad
3.3 Mempraktikkan salat sunnah muakkad
3.4 Menjelaskan ketentuan salat sunnah ghairu muakkad
3.5 Menjelaskan macam-macam salat sunnah ghairu muakkad
3.6 Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad
B. Materi Pokok
Salat sunnah
C. Kegiatan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran “Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya), guru menyampaikan materi pelajaran tentang :
- Pengertian salat sunnah
D. Indikator
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat sunnah
- Menjelaskan hukum salat sunnah
- Menjelaskan pengertian amalan sunnah
- Menyebutkan pembagian salat sunnah
- Menjelaskan pengertian salat sunnah muakkad
- Menjelaskan pengertian salat sunnah ghairu muakkad
- Menjelaskan pengertian salat sunnah rawatib
- Menyebutkan macam-macam salat sunnah rawatib
- Menyebutkan salat sunnah rowatib yang muakkad
- Menyebutkan salat sunnah rowatib yang ghairu muakkad
- Meyebutkan bilangan rakaat salat sunah rawatib
- Menyebutkan macam-macam salat sunnah selain rawatib
E. Penilaian
Teknik : Tertulis, lisan,perbuatan
Bentuk : Uraian, isian dan pilihan ganda
Instrumen :
- Jelaskan pengertian salat sunnah
- Jelaskan hukum salat sunnah
- Jelaskan pengertian amalan sunnah
- Sebutkan pembagian salat sunnah
- Jelaskan pengertian salat sunnah muakkad
- Jelaskan pengertian salat sunnah ghairu muakkad
- Jelaskan pengertian salat sunnah rawatib
- Sebutkan macam-macam salat sunnah rawatib
- Sebutkan salat sunnah rawatib yang muakkad
- Sebutkan salat sunnah rawatib yang ghairu muakkad
- Sebutkan bilangan rakaat salat sunah rawatib
- Sebutkan macam-macam salat sunnah selain rawatib
F. Sumber Belajar :
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Fiqih
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan ketentuan salat dan khutbah jum’at
1.2 Mempraktikkan khutbah dan salat jum’at
C. Indikator
Pertemuan Pertama
a. Menjelaskan pengertian salat jum’at
b. Menyebutkan hukum salat jum’at
c. Menyebutkan dasar hukum salat jum’at
d. Menyebutkan syarat-syarat wajib salat jum’at
e. Menyebutkan syarat sah mendirikan salat jum'at
f. Menjelaskan halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
Pertemuan Kedua
a. Menyebutkan rukun dua khutbah jum’at
b. Menyebutkan syarat dua khutbah jum’at
c. Menyebutkan amalan sunah yang bersangkutan dengan khutbah jum’at
d. Menyebutkan amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
e. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat jum’at
f. Dapat mempraktikkan khutbah dan salat jum’at
D. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian salat jum’at
b. Menyebutkan hukum salat jum’at
c. Menyebutkan dasar hukum salat jum’at
d. Menyebutkan syarat-syarat wajib salat jum’at
e. Menyebutkan syarat sah mendirikan salat jum'at
f. Menjelaskan halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
2. Pertemuan Kedua
Siswa dapat :
a. Menyebutkan rukun dua khutbah jum’at
b. Menyebutkan syarat dua khutbah jum’at
c. Menyebutkan amalan sunah yang bersangkutan dengan khutbah jum’at
d. Menyebutkan amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
e. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat jum’at
f. Dapat mempraktikkan khutbah dan salat jum’at
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat dan Khutbah Jum’at
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
Student Facilitator and Explaining (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya)
2. Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Pemberian tugas
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan aprsepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat jum’at
• Hukum salat jum’at
• Dasar hukum salat jum’at
• Syarat-syarat wajib salat jum’at
• Syarat sah mendirikan salat jum'at
• Halangan yang menyebabkan seseorang boleh meninggalkan salat jum’at
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
2. Pertemuan Kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan apresepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Rukun dua khutbah jum’at
• Syarat dua khutbah jum’at
• Amalan sunah yang bersangkutan dengan khutbah jum’at
• Amalan sunah yang dikerjakan sebelum salat jum’at
• Praktik khutbah dan salat jum’at
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Catatan :
- Langkah- langkah model pembelajaran ” Student Facilitator and Explaining” adalah sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemontrasikan atau menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu
B. Kompetensi Dasar
1.3 Mempraktikkan salat jenazah
1.4 Menjelaskan ketentuan salat jenazah
1.5 Menghafal bacaan-bacaan salat jenazah
C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian salat jenazah
2. Menyebutkan hukum melaksanakan salat jenazah
3. Menyebutkan dasar hukum melaksanakan salat jenazah
4. Menyebutkan syarat-syarat melaksanakan salat jenazah
5. Menyebutkan rukun salat jenazah
6. Menyebutkan sunnah salat jenazah
7. Mempraktikkan salat jenazah
8. Menjelaskan pengertian salat ghaib
9. Menjelaskan pengertian mati syahid
D. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
- Menjelaskan pengertian salat jenazah
- Menyebutkan hukum melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan dasar hukum melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan syarat-syarat melaksanakan salat jenazah
- Menyebutkan rukun salat jenazah
- Menyebutkan sunnah salat jenazah
- Mempraktikkan salat jenazah
- Menjelaskan pengertian salat ghaib
- Menjelaskan pengertian mati syahid
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat Jenazah
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
“Student Facilitator and Explaining” (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya),
2. Metode :
a. Ceramah
b. Diskusi kelompok
c. Pemberian tugas
d. Praktik
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama :
a. Kegiatan Pendahuluan
Motifasi dan aprsepsi / pre tes
• Di dalam hidup bermasyarakat seorang muslim mempunyai hak dan kewajiban dengan sesama muslim, coba sebutkan hak orang Islam terhadap orang Islam lainnya
• Apakah salat jenazah termasuk hak orang muslim?
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model pembelajaran ”SFE” guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat jenazah
• Hukum melaksanakan salat jenazah
• Dasar hukum salat jenazah
• Syarat-syarat salat jenazah
• Rukun salat jenazah
• Sunah salat jenazah
• Cara melaksanakan salat jenazah
• Pengertian salat ghaib
• Pengertian mati syahid
2) Guru memberikan tugas pada tiap-tiap kelompok/pasangan siswa untuk diskusi tentang :
• Pengertian salat jenazah
• Hukum melaksanakan salat jenazah
• Dasar hukum salat jenazah
• Syarat-syarat salat jenazah
• Rukun salat jenazah
• Sunah salat jenazah
• Cara melaksanakan salat jenazah
• Pengertian salat ghaib
• Pengertian mati syahid
3) Guru menyuruh siswa untuk berganti pasangan dan membawa catatan hasil tugasnya untuk didiskusikan dengan pasangannya yang baru
4) Siswa kembali kepada pasangannya semula dengan membawa temuan/jawaban baru dari pasangan yang baru
5) Guru memberi kuis atau pertanyaan kepada seluruh siswa, pada waktu menjawab kuis siswa yang lain tidak boleh membantu
6) Guru memberi evaluasi pada semua peserta didik dan mengumpulkannya
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah didiskusikan
3) Guru menginformasikan bahwa pelajaran yang akan datang adalah ulangan harian tentang salat jenazah
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Catatan :
- Langkah- langkah model pembelajaran ” Student Facilitator and Explaining” adalah sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemontrasikan atau menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
Melaksanakan tatacara salat jama’, qashar dan jama’ qashar serta salat dalam keadaan darurat
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
Mempraktikkan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
C. Indikator
1. Pertemuan Pertama
a. Menjelaskan pengertian salat jama’
b. Menyebutkan dasar hukum salat jama’
c. Menyebutkan macam-macam salat jama’
d. Menyebutkan salat yang boleh dijama’
e. Menyebutkan syarat-syarat salat jama’
f. Mempraktikkan salat jama’ taqdim dan ta’khir
2. Pertemuan Kedua
a. Menjelaskan pengertian salat qashar
b. Menyebutkan dasar hukum salat qashar
c. Menyebutkan salat yang boleh diqashar
d. Menyebutkan hukum salat qashar
e. Menyebutkan syarat-syarat diperbolehkannya salat diqashar
f. Mempraktikkan salat qashar
g. Menjelaskan pengertian salat jama’ qashar
h. Mempraktikkan salat jama’ qashar
D. Tujuan Pembelajaran
3. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian salat jama’
b. Menyebutkan dasar hukum salat jama’
c. Menyebutkan macam-macam salat jama’
d. Menyebutkan salat yang boleh dijama’
e. Menyebutkan syarat-syarat salat jama’
f. Mempraktikkan salat jama’ taqdim dan ta’khir
4. Pertemuan Kedua
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian salat qashar
b. Menyebutkan dasar hukum salat qashar
c. Menyebutkan salat yang boleh diqashar
d. Menyebutkan hukum salat qashar
e. Menyebutkan syarat-syarat diperbolehkannya salat diqashar
f. Mempraktikkan salat qashar
g. Menjelaskan pengertian salat jama’ qashar
h. Mempraktikkan salat jama’ qashar
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat jama’, qashar dan jama’ qashar
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
Student Facilitator and Explaining (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya)
2. Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Praktik
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan aprsepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat jama’
• Dasar hukum salat jama’
• Macam-macam salat jama’
• Salat yang boleh dijama’
• Syarat-syarat salat jama’
• Tatacara salat jama’
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
2. Pertemuan Kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan apresepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat qashar
• Dasar hukum salat qashar
• Salat yang boleh diqashar
• Hukum salat qashar
• Syarat-syarat diperbolehkannya salat diqashar
• Tatacara salat qashar
• Pengertian salat jama’ qashar
• Tatacara salat jama’ qashar
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Catatan :
- Langkah- langkah model pembelajaran ” Student Facilitator and Explaining” adalah sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemontrasikan atau menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
Melaksanakan tatacara salat jama’, qashar dan jama’ qashar serta salat dalam keadaan darurat
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
C. Indikator
a. Menjelaskan pengertian salat dalam keadaan darurat
b. Menyebutkan dasar hukum salat dalam keadaan darurat
c. Menjelaskan cara melaksanakan salat ketika sedang sakit
d. Mempraktikkan salat ketika sedang sakit
e. Menjelaskan cara melaksanakan salat dalam kendaraan
f. Mempraktikkan salat ketika dalam kendaraan
D. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
a. Menjelaskan pengertian salat dalam keadaan darurat
b. Menyebutkan dasar hukum salat dalam keadaan darurat
c. Menjelaskan cara melaksanakan salat ketika sedang sakit
d. Mempraktikkan salat ketika sedang sakit
e. Menjelaskan cara melaksanakan salat dalam kendaraan
f. Mempraktikkan salat ketika dalam kendaraan
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat dalam Keadaan Darurat
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
Student Facilitator and Explaining (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya)
2. Metode :
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Praktik
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
- Motifasi dan aprsepsi / pre tes
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran SFE, guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat dalam keadaan darurat
• Dasar hukum salat dalam keadaan darurat
• Salat ketika sedang sakit
• Cara melaksanakan salat ketika sedang sakit
• Salat dalam kendaraan
• Cara melaksanakan salat dalam kendaraan
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Guru memberi tugas PR
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / Semester : VII/II
Alokasi waktu : 2 jam x 40 Menit (satu pertemuan)
A. Standar Kompetensi
Melaksanakan tata cara salat sunnah muakkad dan ghairu muakkad
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan ketentuan salat sunnah muakkad
3.2 Menjelaskan macam-macam salat sunnah muakkad
3.3 Mempraktikkan salat sunnah muakkad
3.4 Menjelaskan ketentuan salat sunnah ghairu muakkad
3.5 Menjelaskan macam-macam salat sunnah ghairu muakkad
3.6 Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad
C. Indikator
1. Pertemuan Pertama
a. Menjelaskan pengertian salat sunnah
b. Menjelaskan hukum salat sunnah
c. Menjelaskan pengertian amalan sunnah
d. Menyebutkan pembagian salat sunnah
e. Menjelaskan pengertian salat sunnah muakkad
f. Menjelaskan pengertian salat sunnah ghairu muakkad
g. Menjelaskan pengertian salat sunnah rawatib
h. Menyebutkan macam-macam salat sunnah rawatib
i. Menyebutkan salat sunnah rawatib yang muakkad
j. Menyebutkan salat sunnah rawatib yang ghairu muakkad
k. Meyebutkan bilangan rakaat salat sunah rawatib
2. Pertemuan Kedua
Menyebutkan macam-macam salat sunnah selain rowatib
D. Tujuan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Siswa dapat :
l. Menjelaskan pengertian salat sunnah
m. Menjelaskan hukum salat sunnah
n. Menjelaskan pengertian amalan sunnah
o. Menyebutkan pembagian salat sunnah
p. Menjelaskan pengertian salat sunnah muakkad
q. Menjelaskan pengertian salat sunnah ghairu muakkad
r. Menjelaskan pengertian salat sunnah rawatib
s. Menyebutkan macam-macam salat sunnah rawatib
t. Menyebutkan salat sunnah rawatib yang muakkad
u. Menyebutkan salat sunnah rawatib yang ghairu muakkad
v. Meyebutkan bilangan rakaat salat sunah rawatib
3. Pertemuan Kedua
Siswa dapat :
a. Menyebutkan macam-macam salat sunnah selain rowatib
E. Materi Pokok Pembelajaran
Salat Sunnah
F. Model / Metode Pembelajaran
1. Model :
Student Facilitator and Explaining (siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan lainnya)
2. Metode :
a. Ceramah bervariasi
b. Diskusi kelompok
c. Memberi tugas
G. Skenario/Langkah-langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama :
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Motifasi dan aprsepsi / pre tes
- Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan awal/pre tes
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran ”SFE” guru menyajikan materi tentang :
• Pengertian salat sunnah
• Hukum salat sunnah
• Pengertian amalan sunnah
• Pembagian salat sunnah
• Pengertian salat sunnah muakkad
• Pengertian salat sunnah ghairu muakkad
• Pengertian salat sunnah rawatib
• Macam-macam salat sunnah rawatib
• Salat sunnah rawatib yang muakkad
• Salat sunnah rawatib yang ghairu muakkad
• Bilangan rakaat salat sunah rawatib
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Tindak lanjut dengan memberi tugas PR
2. Pertemuan Kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Motifasi dan apresepsi / pre tes
- Penjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan awal/pre tes
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai
b. Kegiatan Inti
1) Melalui model Pembelajaran ”SFE” guru menyajikan materi tentang :
• Macam-macam salat sunnah selain rawatib
c. Kegiatan Penutup
1) Guru menawarkan siswa apakah ada materi yang kurang jelas
2) Guru menyimpulkan materi beserta peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
3) Tindak lanjut dengan memberi tugas PR
H. Sumber Belajar
Buku Fiqih Sulaiman Rosyid, LKS, Fathul Qorib, Buku Fiqih Amir Abyan
Tuban, 28 Desember 2008
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Catatan :
- Langkah- langkah model pembelajaran ” Student Facilitator and Explaining” adalah sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemontrasikan atau menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya baik melalui bagan atau peta konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar