Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/1
Pertemuan Ke- : 1-6
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (12 × 40 menit), 6 kali pertemuan
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
I. Kompetensi Dasar
1. Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
2. Meneladani keteguhan dan kegigihan Dinasti Abbasiyah
II. Indikator
1. Mampu menjelaskan sebab-sebab keruntuhan Dinasti Umayyah
2. Mampu menjelaskan proses berdirinya Dinasti Abbasiyah
3. Mampu menjelaskan keteguhan dan kegigihan Dinasti Abbasiyah dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan sebab-sebab keruntuhan Dinasti Umayyah.
2. Siswa dapat memahami dan menjelaskan proses berdirinya Dinasti Abbasiyah.
3. Siswa dapat menjelaskan keteguhan dan kegigihan Dinasti Abbasiyah dan meneladaninya dalam kehidupan sehari-hari.
IV. Materi Ajar
Masa akhir Dinasti Umayyah dan berdirinya Dinasti Abbasiyah
V. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)
VI. Sumber Belajar
1. Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 2 untuk Kelas VIII MadrasahTsanawiyah terbitan PT Tiga Serangkai, Solo
2. Buku-buku lain yang relevan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Apersepsi)
a. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
c. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan penjelasan tentang sebab-sebab keruntuhan Dinasti Umayyah dan berdirinya Dinasti Abbasiyah. Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, peta dll.
b. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
c. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
d. Guru meminta siswa untuk menjelaskan sebab-sebab keruntuhan Dinasti Umayyah dan berdirinya Dinasti Abbasiyah.
e. Guru meminta siswa yang lain mendengarkan penjelasan tersebut, lalu memberikan koreksi dan/atau opini.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Siswa membuat kesimpulan tentang sebab-sebab keruntuhan Dinasti Umayyah dan berdirinya Dinasti Abbasiyah.
b. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing.
c. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama.
VIII. Penilaian
1. Tes Lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan materi yang disampaikan.
2. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa. Soal dapat berupa esai atau penulisan opini
Mengetahui
Kepala Madrasah
Tuban, ………
Guru Bidang Study
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/1
Pertemuan Ke- : 7-12
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (12 × 40 menit), 6 kali pertemuan
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
I. Kompetensi Dasar
1. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
2. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
II. Indikator
1. Mampu menjelaskan kondisi sosial pada masa Dinasti Abbasiyah
2. Mampu menjelaskan kemajuan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
3. Mampu menjelaskan kemajuan politik dan militer Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
4. Mampu menjelaskan tentang ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah untuk masa kini dan masa yang akan datang
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan kondisi sosial pada masa Dinasti Abbasiyah.
2. Siswa dapat memahami dan menjelaskan kemajuan kebudayaan Islam
pada masa Dinasti Abbasiyah.
3. Siswa dapat menjelaskan kemajuan politik dan militer Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.
IV. Materi Ajar
Kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
V. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)
VI. Sumber Belajar
1. Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 2 untuk Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah terbitan PT Tiga Serangkai, Solo
2. Buku-buku lain yang relevan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Apersepsi)
a. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
c. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan penjelasan tentang kondisi sosial, kemajuan kebudayaan, serta kemajuan politik dan militer Islam pada masa Dinasti Abbasiyah. Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, peta, dan lain-lain.
b. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
c. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
d. Guru meminta siswa memberikan penjelasan tentang kondisi sosial, kemajuan kebudayaan, serta kemajuan politik dan militer Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.
e. Guru meminta siswa yang lain mendengarkan penjelasan tersebut, lalu memberikan koreksi dan atau opini.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Siswa membuat kesimpulan tentang kondisi sosial, kemajuan kebudayaan, serta kemajuan politik dan militer Islam pada masa Dinasti Abbasiyah.
b. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing.
c. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama.
VIII. Penilaian
1. Tes Lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan materi yang disampaikan.
2. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa. Soal dapat berupa esai atau penulisan opini.
Mengetahui
Kepala Madrasah
Tuban, ………
Guru Bidang Study
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Madrasah : MTs ASSALAM Bangilan
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/Semester : VIII/1
Pertemuan Ke- : 13–17
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (10 × 40 menit), 5 kali pertemuan
Standar Kompetensi : Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
I. Kompetensi Dasar
1. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
2. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang
II. Indikator
1. Mampu menjelaskan perkembangan ilmu filsafat, ilmu kedokteran, ilmu astronomi, serta tokoh-tokoh yang mengembangkannya pada masa Dinasti Abbasiyah
2. Mampu menjelaskan kedudukan dan peran Baitul Hikmah sebagai lembaga pengembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Abbasiyah
3. Mampu menjelaskan perkembangan ilmu hadis, ilmu tafsir, ilmu fikih, ilmu tasawuf, serta tokoh-tokoh ulama yang mengembangkannya pada masa Dinasti Abbasiyah
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan perkembangan ilmu filsafat, ilmu kedokteran, ilmu astronomi, serta tokoh-tokoh yang mengembangkannya pada masa Dinasti Abbasiyah.
2. Siswa dapat memahami dan menjelaskan kedudukan dan peran Baitul Hikmah sebagai lembaga pengembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Abbasiyah.
3. Siswa dapat menjelaskan perkembangan ilmu hadis, ilmu tafsir, ilmu fikih, ilmu tasawuf, serta tokoh-tokoh ulama yang mengembangkannya pada masa Dinasti Abbasiyah.
4. Mampu menjelaskan tentang ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradapan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah untuk masa kini dan masa yang akan datang
IV. Materi Ajar
Kebudayaan dan peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
V. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Diskusi
5. Inkuiri (penemuan)
VI. Sumber Belajar
1. Buku Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 2 untuk Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah terbitan PT Tiga Serangkai, Solo
2. Buku-buku lain yang relevan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Apersepsi)
a. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah dan berdoa bersama.
b. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
c. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan penjelasan tentang perkembangan ilmu filsafat, ilmu kedokteran, ilmu astronomi, serta tokoh-tokoh yang mengembangkannya pada masa Dinasti Abbasiyah. Untuk memperjelas uraian, guru dapat menggunakan alat bantu, seperti gambar, peta, dan lain-lain.
b. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
c. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
d. Guru meminta siswa memberikan penjelasan tentang perkembangan ilmu filsafat, ilmu kedokteran, ilmu astronomi, serta tokoh-tokoh yang mengembangkannya pada masa Dinasti Abbasiyah.
e. Guru meminta siswa yang lain mendengarkan penjelasan tersebut, lalu memberikan koreksi dan atau opini.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Siswa membuat kesimpulan tentang perkembangan ilmu filsafat, ilmu kedokteran, ilmu astronomi, serta tokoh-tokoh yang mengembangkannya pada masa Dinasti Abbasiyah.
b. Guru meminta siswa mengulang materi pelajaran yang baru diberikan di rumah masing-masing.
c. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan hamdalah dan berdoa bersama.
VIII. Penilaian
1. Tes Lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan materi yang disampaikan.
2. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa. Soal dapat berupa esai atau penulisan opini.
Mengetahui
Kepala Madrasah
Tuban, ………
Guru Bidang Study
Assalamualaikum
BalasHapus