Sabtu, 04 Februari 2017

Berteman dengan Al Qur’an

Berteman dengan Al Qur’an
oleh : Joyojuwoto

Al Qur’an adalah firman Allah swt yang diturunkan kepada umat manusia guna menjadi pedoman dan cahaya bagi kehidupan.  Siapa yang berpegang teguh kepada Al Qur’an maka tidak akan sesat jalan hidupnya, dan siapa yang mengingkari Al Qur’an maka akan gelap jalan yang ditempuhnya, dan tiada keberkahan dalam hidupnya. Sebaik-baik orang adalah yang selalu bersama Al Qur’an, membaca huruf-hurufnya, mentadabburi maknanya, dan menjadikannya sebagai teman sepanjang masa.

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda :

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ ( الحديث)

“Sebaik-baik diantara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Imam Bukhari)

Kebaikan dan kemuliaan Al Qur’an sudah sangat gamblang dan jelas sekali, rugilah orang-orang yang enggan membersamai Al Qur’an. Berlembar-lembar novel penulis besar mungkin dengan ringan dan mudah kita baca, namun untuk menyempatkan membaca Al Qur’an kadang kita tidak punya waktu, berjam-jam lamanya kita mampu membaca WA, Line, Wall Facebook dan berbagai media sosial lainnya, namun selembar ayat suci Tuhan kadang kala kita enggan mentadabburinya. Sungguh sangat merugi orang-orang yang menjauhi Al Qur’an dan sungguh sangat beruntung orang-orang selalu berteman dengan Al Qur’an disetiap waktunya.

Membaca buku-buku pengetahuan, filsafat, karya fiksi dan non fiksi sangatlah penting dan bermanfaat, namun kesibukan itu jangan sampai melalaikan kita untuk membaca huruf-huruf Al Qur’an yang penuh berkah dan kebaikan. Karena hanya membaca Al Qur’an yang secara nash Allah memberikan pahala. Tiap huruf-huruf Al Qur’an akan dibalas dengan sepuluh kali lipat kebaikan. Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda :

تعلّموا هذا القرآن, فإنكم تؤجرون بتلاوته بكلّ حرف عشر حسنات

Artinya : “Pelajarilah Al Qur’an ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan.”

Al Qur’an adalah cahaya kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat, barangsiapa yang berteman dengan Al Qur’an maka ia akan mendapatkan cahaya kemuliaan itu. Hanya orang-orang yang bersentuhan dengan cahaya Al Qur’an yang akan sanggup mencapai puncak cahaya ketuhanan.

Tiap huruf-huruf Al Qur’an ada malaikat mulia yang menjaganya, sehingga jika kita membaca dan mentadabburi Al Qur’an maka malaikat-malaikat itu akan membersamai pembacanya, maka bacalah dan bertemanlah dengan Al Qur’an agar kita selalu dijaga oleh malaikat-malaikat yang mulia.

Kebaikan dan keberkahan Al Qur’an tidak hanya di dunia saja, Al Qur’an juga akan menjadi cahay penerang di gelapnya alam kubur, menjadi penjaga dan teman di padang mahsyar, dan akan datang di hari kiamat dengan membawa syafaat bagi pembaca Al Qur’an. Oleh karena itu berbahagialah orang-orang yang selalu menjadikan Al Qur’an sebagai teman.

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda :

اقرءوا القرآن فإنه يأتى يوم القيامة شفيعا لأصحابه

Artinya : “Bacalah Al Qur’an maka sesungguhnya  ia datang  pada hari kiamat sebagai syafaat bagi temannya (pembacanya).”

Wahai saudaraku, betapa mulianya Al Qur’an dan betapa mulianya orang-orang yang selalu bersama dan berteman dengan Al Qur’an. Semoga kita termasuk orang-orang yang menjadi ashhabnya Al Qur’an, sehingga kelak di akhirat kita mendapatkan syafaatnya. Aamiin ya rabbal ‘alamin.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar