Sabtu, 14 Januari 2017

Ajari Anakmu Berenang

Ajari Anakmu Berenang
Oleh : Joyojuwoto

Dunia anak adalah dunia bermain, anak akan sangat menyukai segala bentuk permainan yang mengeksplor segala kemampuan gerak fisik maupun psikologis anak. Oleh karena itu anak sangat suka aktif bergerak tanpa mengenal lelah.  Diantara permainan yang sangat bagus dan digemari  anak-anak adalah bermain air. 

Media bermain di air seperti berenang sangat bagus untuk perkembangan anak, karena selain berfungsi melatih gerak otot anak, berenang ini juga bisa meningkatkan keberanian pada anak, selain itu tentu kemampuan berenang ini bisa dijadikan modal dasar agar anak bisa beradabtasi dengan dunia ait. 

Membekali anak dengan kemampuan berenang ini sangat penting sekali untuk menghindarkan diri  si anak dari bahaya tenggelam. Betapa banyak kejadian anak-anak bermain di air kemudian tenggelam tanpa mampu menyelamatkan dirinya dari bahaya air, padahal wahana air ini sangat disukai anak tanpa tahu akan bahaya yang mengancamnya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ad Dailamiy, Rasulullah saw bersabda : 
"'Allimuu aulaadakum al sibaahata wal rimaayata"  

Artinya : "Ajarilah anak-anakmu berenang dan memanah"

Hadits Nabi di atas menganjurkan agar kita membekali anak kemampuan dasar untuk membela diri yaitu dengan berenang dan memanah. Dalam Hafits lain pun Rasulullah saw memerintahkan agar orang tua mengajari anak-anak mereka menunggang kuda.

Dari sini dapat diambil pelajatran bahwa Rasulullah saw menginginkan umatnya menjadi umat yang kuat dan terbaik. Mampu mempertahankan harga dirinya, membela kaum lemah, dan tentu kemampuan itu bisa dipakai untuk berjihad di jalan Allah swt. 

Oleh karena itu, ajarilah anak-anakmu berenang dan memanah sebagaaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah saw.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar