Selasa, 13 Desember 2016

Piknik Asyik Di Pantai Sowan Bancar

Piknik Asyik Di Pantai Sowan Bancar
Oleh : Joyo Juwoto

Pantai Sowan merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang ada di wilayah Kab. Tuban. Pantai ini berada di Dusun Sowan, Desa Bogorejo Kec. Bancar. Dari kota Tuban ke arah barat sekitar 40 KM, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat di jalur utama pantura, yakni jalur Surabaya-Semarang.

Di Pantai Sowan ini kita bisa menikmati hamparan pasir putih dan sengatan sinar matahari yang cukup sejuk di pagi dan sore hari, namun untuk siang hari cukup panas. Selain berpasir putih, di pantai ini juga menawarkan pemandangan batu-batu karang berwarna kekuningan yang cukup indah ditangkap mata kamera para wisatawan.

Di pantai ini juga terdapat hutan-hutan Trembesi dan pohon Klampis yang cukup menyejukkan pandangan mata, apalagi di antara pohon-pohon ini terdapat pedagang yang menawarkan aneka makanan dan minuman. Di bawah pohon-pohon inilah para wisatawan dapat menikmati semilir angin pantai sambil menikmati secangkir kopi hangat, atau pun menikmati degan hijau muda yang memanjakan selera.

Pantai ini bisa menjadi rujukan wisata keluarga yang mengasyikkan. Kemarin saat weekand panjang saya sekeluarga menyempatkan diri menikmati belaian angin pantai sowan yang lembut. Bermain pasirnya yang putih, mengejar kepiting laut, dan menjumputi cangkang kerang yang bertebaran di tepi pantai.

Selain itu di Wanawisata Pantai Sowan juga terdapat beberapa satwa yang dipelihara oleh pihak pengelola.  Ada beberapa ekor ular besar yang dikurung di kandang kawat, juga terdapat beberapa ekor kera. binatang-binatang ini sangat menarik perhatian anak-anak.

Naila sudah beberapa kali ke pantai, ia sudah sangat akrab dengan tarian ombaknya dan ia sangat senang kembali menikmati pasir dan air laut. Aktivitas yang ia lakukan adalah memunguti batu-batu karang dan menjumputi cangkangnya kerang.  Sedang Nafa yang baru pertama kalinya menyapa pantai, ia masih canggung dan tampak takut melihat geliat gelombang yang berkejar-kejaran ke tepi laut. Suaranya yang bergemuruh juga menciutkan nyalinya. Nafa akhirnya hanya bisa menikmati pantai digendongan uminya.

          Suasana pantai sangat ramai, maklum memang saat itu hari libur. Ada yang bermain di pasir putihnya, berselfie welfie, atau sekedar duduk-duduk bercengkerama bersama di bawah pohon yang rindang. Suasananya sangat meriah, dan menyenangkan. Alhamdulillah, Saya dan keluarga kecil saya pun bisa menikmati piknik yang sangat asyik di Pantai Sowan.


3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kok gk mampir dirumah saya mas joyo, hehe

    BalasHapus
  3. Mas Andhika, bancar? Hehe...kpn2 mas

    BalasHapus