Sabtu, 24 Desember 2016

Pasujudan Syekh Jumadil Kubro di Jatirogo

Syekh Jumadil Kubro bisa dibilang sebagai sesepuhnya Walisongo, beliau adalah ayah dari Sunan Gesik Harjo dan kakek dari Sunan Ampel. Sebagai tokoh yang keramat Syekh Jumadil Kubro memiliki banyak petilasan bahkan konon makamnya juga banyak diklaim berada di beberapa tempat.

Ada beberapa tempat yang konon dianggap sebagai petilasan ataupun makam tokoh penyebar agama Islam dari Champa ini, diantaranya berada di Mojokerto, Semarang, Jogjakarta, Wajo Sulawesi, dan satu lagi yang belum banyak diketahui ternyata maqam dan petilasan Syekh Jumadil Kubro ada  di Kabupaten Tuban.

Salah satu petilasan dari Syekh Jumadil Kubro  atau juga disebut dengan nama Syekh Jamaludin yang ada di Kabupaten Tuban berada di Kec. Jatirogo, tepatnya di desa Jati Klabang, dusun Jambe. Berada di tepi jalan raya Jatirogo-Bojonegoro.

Di area petilasan ini berdiri sebuah langgar kecil, di sisi langgar bagian selatan terdapat ruangan yang ada batu pasujudannya, konon batu ini dipakai oleh Syekh Jamaludin untuk menjalankan ibadah kepada Allah swt sehingga batu ini dianggap sebagai bekas pasujudan beliau.


Lokasi pasujudan terasa tenang dan sejuk serta nyaman.  Di sekelilingnya tumbuh tanaman yang tumbuh menghijau dan asri. Di belakang langgar pasujudan Syekh Jamaludin, terdapat sebuah sumur  atau sendang kecil berbentuk tapal kuda yang airnya jernih. Air ini selain dipakai untuk keperluan langgar juga dipakai untuk air minum warga sekitar. 

Selain terdapat petilasan yang berupa pasujudan, di sebelah selatan petilasan juga ditemukan makam yang dianggap tempat disemayamkannya jasad Syekh Jumadil Kubro. Wallahu 'alam

2 komentar:

  1. Tidak berlebihan Bupati Tuban menyebut Tuban sebagai bumi wali.

    BalasHapus