Kamis, 09 Juni 2016

Resensi Buku “Quantum Ramadhan”

Resensi Buku “Quantum Ramadhan”
Identitas Buku
Judul Buku      : Quantum Ramadhan
                          Cerdas Meningkatkan Kualitas Diri di Bulan Suci
Penulis             : Joyojuwoto dkk (Sahabat Pena Nusantara)
Penerbit           : Genius Media
Cetakan           : 2015
Tebal               : 180
Kategori          : Nonfiksi-Populer/Agama
ISBN               : 978-602-1033-10-4
Ukuran buku   : 13.5 x 20.5 cm

Ulasan buku
Quantum Ramadhan adalah buku perdana dari Komunitas Sahabat Pena Nusantara yang terbit tahun 2015 silam. Buku ini ditulis dalam rangka menyambut bulan yang penuh berkah yaitu bulan ramadhan, kapanpun bulan ramadhan hadir buku ini bisa menjadi salah satu referensi untuk memperbarui dan meningkatkan kualitas diri di bulan suci. Apalagi bulan ramadhan adalah bulan iqra’ maka sangat tepat jika kita memperbanyak membaca baik itu membaca Al Qur’an ataupun membaca buku-buku yang dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Berikut saya kutipkan beberapa kalimat yang luar biasa yang ada di dalam buku ini :
“Ramadhan, sebuah kata yang mengingatkan kita pada suatu bulan yang penuh dengan segala rahasia kebaikan dan keutamaan. Bulan yang mampu mengubah orang-orang menjadi lebih tertata, peduli terhadap lingkungan, dan bahkan peduli terhadap akidahnya sendiri” (Mutiara Ramadhan, Abdul Halim Fathani. Hal. 1)

“Semoga kita disucikan oleh Allah dari segala dosa, sehingga ketika menyambut Idul Fitri, kita benar-benar berjiwa pemenang, jiwa yang sukses mengalahkan nafsu yang bersarang dalam dirinya. Aamin. (Apakah Ibadah Ramadhanku diterima?, Ahmad Rifa’i Rif’an, hal. 11)

“Puasa mempunya arti penting dari segi ruhani. Tanpa itu maka puasa seperti tempurung kosong tanpa isi. (Ramadhan Bulan Pencerahan, Prof. Dr. H. Muhammad Chirzin, M.Ag. hal. 99)

“Jangan sampai umur kita sampai di bulan ramadhan sedang jiwa kita kosong dari mengharap ampunan Allah SWT. (Ramadhan Bukan Basa-basi. Joyojuwoto, hal. 97).

Demikian beberapa kutipan yang saya ambil dari beberapa penulis di buku Quantum Ramadhan, semoga memberikan sedikit peta mengenai isi buku tersebut.

Yang pasti buku ini hadir ke tangan pembaca sebagai ikhtiar para penulis “Saahbat Pena Nusantara” dalam rangka membumikan “makna” ramadhan agar terinternalisasikan dalam kehidupan kita umat Islam, agar umat Islam dalam beramadhan tidak hanya sekedarnya saja namun benar-benar mampu meraih derajad ketaqwaan di sisi Allah SWT sebagaimana yang menjadi tujuan dari puasa itu sendiri, la’allaqum tattaquuna. Joyojuwoto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar