Kamis, 26 Mei 2016

Liburan Mandi Di Kali

Liburan Mandi Di Kali

Pagi yang cerah, udara sejuk bertiup dari persawahan, dan matahari bersinar dengan sempurna tanpa bayang-bayang mendung. Burung-burung berkicau riang di puncak dahan pepohonan di samping dan belakang rumah yang berada di pinggiran sawah. Suara burung Kutilang dan Trucukan pagi itu terdengar merdu sekali. 

Naila dan Nafa sudah bangun tidur, waktu menunjukkan pukul 06.00 WIB. Hari Ahad adalah hari libur TK Muslimat NU Bangilan di mana Naila Bersekolah. Naila merencanakan liburan ke rumah neneknya. Naila ingin mengajak adiknya, Nafa untuk  berlibur dan mandi di kali.

“Umi ayo ke Singsim, hari ini kan Naila libur” pinta Naila kepada Uminya. Nanti Nafa mau saya ajak bermain dan mandi di kali Mi” kata Naila

Nafa yang baru berumur dua tahun tidak menghiraukan Mbaknya, dia sedang asyik sendiri memencet tombol-tombol dolanan netbooknya.

“Ok nanti  kita ke sana, itu nunggu Abimu yang sedang sarapan ya” seru Umi Naila

“Iya Mi, Naila juga mau sarapan dulu ah !” kata Naila bersemangat karena akan pergi liburan ke rumah neneknya.

“Aku ikut, aku ikut...” tiba-tiba Nafa ikut bersuara sambil  terus saja bermain-main dengan netbooknya.

Rombongan kecil Abi, Umi, Nafa, dan Naila pagi itu meluncur ke Singsim, motor Beat yang ditumpangi membelah aspal jalan hingga kurang lebih lima belas menit telah sampai di rumah sang Nenek.

“Hore sampai, ayo mandi...ayo mandi...” Seru Naila kegirangan

“Nenek...nenek Naila mau mandi di kali ! teriak Naila sambil berlari masuk rumah Neneknya

“Naila, Nafa...ayo masuk cucu nenek yang cantik-cantik, sini Nafa  digendong dulu sama nenek” sambut Nenek dengan gembira

“Naila mau mandi di kali nek, Ayo Bi...ayo mi ke kali cepetan” Seru Naila tidak sabar

Rumah nenek Naila ada di Dusun Singsim Bangilan, tidak jauh di belakang rumah terdapat sungai kecil. Airnya jernih. Ada banyak ikan kecil-kecil yang hidup di dalamnya. Selain itu ada pula kodok, udang, Yuyu, dan binatang-binatang air lainnya.

Naila, Nafa kemudian berangkat ke sungai bersama Abi dan Umi. Sedang nenek di rumah menyiapkan masakan untuk makan siang.

Di sungai Naila dan Nafa mandi, mereka berdua main membuat candi-candian dari pasir. Mereka juga main lempar-lemparan batu. Naila dan Nafa senang sekali pagi itu bisa bermain-main air di sungai. Mereka berdua tertawa-tawa. Abi dan Umi Naila hanya melihatnya dari tepi sungai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar