Senin, 07 Maret 2016

Cara Sederhana Meraih Hidup Sukses dan Bahagia

Cara Sederhana Meraih Hidup Sukses dan Bahagia

Siapapun kita pasti memiliki masa lalu, karena masa lalu adalah bagian yang tidak terpisah dari kehidupan kita tentunya. Masa lalu bisa menjadi energi yang membangun hari ini dan masa depan, namun tidak jarang juga masa lalu menjadi momok yang menakutkan bahkan menghancurkan hari ini bahkan masa depan kita.

Masa lalu menjadi sejarah dan perbendaharaan emosi bagi para pelakunya yang bersifat einmalig dan tidak berubah. Oleh karena itu sebaik atau sejelek apapun masa lalu tentu kita tidak bisa mengubahnya kembali. Biarkan masa lalu apa adanya tanpa perlu kita mengagungkannya atau menyesalinya.

Dewasa ini banyak penyakit yang tercipta dari bayang-bayang masa lalu. Adakalnya seseorang merasa terbebani dengan apa yang telah terjadi, jika Anda termasuk orang yang menglami hal seperti ini hendaknya Anda harus segera mengambil sikap bahwa masa lalu adalah masa lalu dan kita harus segera memutuskan emosi yang terbawa dari masa lalu dengan cara memaafkan dan mengikhlaskan apa-apa yang telah terjadi. Memutuskan bukan berarti melupakan, karena tidakmungkin masa lalu itu dapat kita lupakan. Semakin kita ingin melupakannya justru masa lalu itu akan semakin menghantui kita, namun jika kita pasrahkan dan kita ikhlaskan maka beban emosi masa lalu tidak akan aktif menghantui kita lagi.

Memaafkan dan mengikhlaskan sampah-sampah emosi masa lalu yang mengganggu kehidupan kita yang sekarang dalam dunia hipnotherapy inilah yang disebut sebagai Virtual Forgiveness, yaitu suatu metode menyugesti diri sendiri (self  Sugestion) yang bertujuan untuk memaafkan peristiwa dan atau orang-orang yang berasal dari masa lalu yang mengganggu masa sekarang.

Jika kita telah mampu berdamai dan menerima dengan pasrah serta ikhlas impul-simpul masa lalu yang membelenggu kehidupan kita maka kita akan merasakan kebahagiaan dalam hidup kita yang sekarang. Kelihatannya sangat sederhana namun itu yang akan Anda rasakan. Oleh karena itu cobalah cara sederhana ini untuk kebahagiaan hidup Anda, karena siapapun Anda, Anda sangat layak dan berhak untuk hidup bahagia tanpa terbebani dengan hantu masa lalu.

Jika kita seorang muslim diantara metode yang dapat kita pakai untuk pasrah dan mengikhlaskan masa lalu adalah dengan cara sabar dan sholat. Sebagaimana yang Allah Swt firmankan :

(#qãZŠÏètFó$#ur ÎŽö9¢Á9$$Î/ Ío4qn=¢Á9$#ur 4 $pk¨XÎ)ur îouŽÎ7s3s9 žwÎ) n?tã tûüÏèϱ»sƒø:$# ÇÍÎÈ  

45. Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',

Dua hal ini sabar dan sholat menjadi penolong bagi seseorang yang mengalami cobaan-cobaan dalam hidupnya, baik cobaan fisik maupun psikologis. Dalam sholat yang didahului oleh bacaan iftitah sangat baik untuk memberikan sugesti positif bagi keikhlasan dan kepasrahan seseorang. Maka pada saat membaca iftitaf pada bacaan :
إنّ صلاتي ونسكي ومحياي وممات لله ربّ العالمين

Pada bacaan ini memberikan afirmasi kepada hati dan jiwa seseorang untuk selalu pasrah dan ikhlas kepada Allah Swt, karena pada hakekatnya segalanya hanyalah milik –Nya jua. Bacalah kalimat itu dengan hati Anda, dengan sepenuh jiwa, maka Anda akan merasakan keajaiban sebuah keikhlasan dan kepasrahan.

Lalu apakah keikhlasan, kepasrahan serta memaafkan kehidupan masa lalu seseorang bisa mempengaruhi kesuksesannya di masa sekarang  ? Banyak orang yang gagal dalam hidupnya, dalam usahanya bukan karena faktor dari luar, mungkin tanpa disadari ada masalah dengan dirinya sendiri, ada semacam mental block yang menghalangi kesuksesan seseorang. Oleh karena itu jika kita ingin sukses dengan karier kita, dengan usaha kita dengan kehidupan kita baik di dunia maupun di akhirat kelak maka kita harus mengikhlaskan dan memaafkan masa lalu kita sendiri.

Mungkin ada orang yang menyakiti hati kita, maka maafkanlah dia, jika kita menyakiti orang lain maka meminta maaflah. Jika kita tidak bisa meminta maaf secara langsung kita bisa menggunakan metode Virtual Forgiveness. Caranya sebelum kita tidur bayangkanlah orang-orang yang pernah kita sakiti kemudian meminta maaflah dengan tulus dan doakan kebahagiaan bagi mereka. Selain itu minta maaflah pada kedua orangtua kita jika masih ada, kita bisa meminta maaf secara Virtual dan lebih afdhol tentu kita datang secara langsung bersimpuh meminta maaf dan meminta ridlo serta doa dari beliau. Cukup sederhana namun cara ini efektif dan terbukti secara ilmiah.

Saya sedikit punya cerita mengenai kasus seperti di atas. cerita ini bersumber dari orangnya langsung yang bercerita saat ada rapat di MAN Tuban dalam rangka memberikan hibah CCTV kepada madrasah-madrasah yang ada di Kabupaten Tuban. Dia adalah seorang pengusaha yang sukses dibidang pengadaan alat-alat pembelajaran sekolah. Pada awal merintis usaha beliau pernah bangkrut dan hampir tidak mampu melunasi hutangnya. Kemudian ia diberi tahu oleh seseorang untuk memperbanyak sedekah dan meminta maaf kepada kedua orang tuanya. Terlebih kepada ibunya ia disuruh meminta air cucian kaki sang Ibu untuk diminum.

Saran itu kemudian dikerjakan beneran, ia pergi ke ibunya merangkul dan menangis di pangkuan sang Ibu, kemudian ia meminta maaf dan meminta doa dari ibunya agar ibunya meridloinya. Selain itu ia juga bilang kepada ibunya untuk meminta air bekas cucian kaki sang Ibu. Sang Ibu tidak mau diperlakukan seperti itu, ibunya menangis kemudian sang anak disuruh menunggu. Sang ibu masuk kamar kemudian mengerjakan sholat dan mendoakan kesuksesan anaknya. Setelah peristiwa itu anda boleh percaya boleh tidak usaha si anak tadi menjadi lancar dan akhirnya ia meraih kesuksesan. Demikian kisah yang diceritakan oleh seorang pengusaha sukses asal Jombang.

Jadi jika kita ingin meraih hidup bahagia serta sukses maka langkah awal yang perlu kita lakukan adalah dengan cara mengikhlaskan, pasrah, dan memaafkan masa lalu kita. Sekian. Joyojuwoto.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar