Sabtu, 06 Februari 2016

Menghadapi Kesulitan Hidup

Menghadapi Kesulitan Hidup

Anak-anakku yang saya cintai
Jika kelak kalian telah terjun di tengah-tengah masyarakat jadilah kalian semua perekat umat,  agar kehidupanmu diberkahi dan mendapatkan rahmatnya Allah SWT.

Perlu anak-anakku camkan bahwa kehidupan di masyarakat tidak seperti kehidupan di pondok yang semua serba sama baik cara berfikirnya, kebiasaannya, bahkan ideologinya. Sedang di tengah-tengah masyarakat kehidupan ibarat  di tengah rimba raya, di sana hidup berbagai macam karakter dan beragam manusia,  ada yang jinak dan ada yang buas, ada yang tidak punya rasa malu, ada yang suka menjilat, ada yang suka menekan, ada yang amanah, ada yang suka khianat, ada yang suka keburuk-burukan dan berbagai macam sifat kejelekan lainnya, namun ingat dalam kondisi yang demikian tentu masih ada kebaikan-kebaikan di dalamnya.

Ingat jika kondisi yang sedemikian itu kamu sebagai santri harus bisa menjaga diri, jangan terbawa dan jangan terseret oleh situasi dan kondisi, sikapi dengan bijak, perbaiki dirimu, instropeksi, tata hati dan niat serta jangan lupa berdo’a, pasrah, inabah, ridho, dan ikhlas terhadap takdir dan ketentuan Allah SWT.

 Ingat-ingatlah selalu dawuh dan petuah para Kyai serta para alim Ulama :
دع الايّام تفعل ما تشاء وطب نفسا اذا حكم القضاء وتلك الايّام نداول بين النّاس
Artinya : “Biarkanlah hari-hari berjalan sekehendaknya dan perbaikilah diri, jika takdir Allah telah diturunkan, hari-hari pasti akan dipergilirkan atas diri manusia”

            Tidak selamanya hidup kita di atas ada saatnya akan turun ke bawah, tidak selamanya bunga itu mekar, pada saatnya akan layu juga, tidak selamanya hidup dalam kesukaran karena pada saat itu pula Allah SWT akan memberikan kemudahan. Dan ingat selalu bahwa hidup hakekatnya memang untuk mengatasi kesulitan, jadi jangan mundur jika ada masalah, hadapi dengan sepenuh hati dan sekali lagi ingat selalu bahwa kebahagiaan itu letaknya pada celah-celah kesulitan.

            Strugle For Life, hidup untuk berjuang, berjuanglah untuk kehidupanmu, maju terus pantang mundur, rawe-rawe rantas malang-malang putung. Selamat Berjuang Allahu Akbar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar