Senin, 03 Agustus 2015

Wah !!! ada perpustakaan di Balai Desa Bangilan

Bangilan-3/8/2015- Siapapun sepakat bahwa membaca adalah sarana untuk mencerdaskan pola berfikir masyarakat sekaligus memperluas cakrawala pengetahuan. Dan buku menjadi bagian terpenting dari proses membaca, walau pada dasarnya buku bukan satu-satunya media untuk kita baca. 

Perpustakaan sebagai rumah utama buku juga menjadi sangat penting bagi kehidupan masyarakat yang mengedepankan nalar berfikir dan proses pemberdayaan kehidupan yang ilmiah dan edukatif. 

Sudah lama saya sebenarnya berfikir agar minimal disetiap desa ada perpustakaan yang bisa dijadikan sebagai sarana rekreasi  dan bermain masyarakat sekaligus sebagai media pembelajaran masyarakat.

Betapa indahnya jika disetiap desa ada perpustakaan yang representatif, agar di setiap akhir pekan bisa dijadikan sebagai alternatif liburan yang lebih produktif sehingga menekan model liburan-liburan yang tidak sehat semisal shopping-shopping yang tidak perlu dan hanya menuruti keinginan belaka bukan kebutuhan.

Alhamdulillah walau belum sempurna di Balai Desa Bangilan ternyata terdapat perpustakaan mini yang diletakkan di Kantor Balai Desa. Buku-buku yang tersedia pun lumayan bermacam-macam, seperti pertanian, peternakan, cerita anak, pengetahuan umum, agama dan lain sebagainya.

Kita sebagai warga masyarakat Bangilan bisa ikut menikmati buku-buku yang tersedia yang merupakan sumbangan dari pemerintah daerah. Semoga ini adalah awal yang baik, jika peminat buku meningkat dan masyarakat antusias dengan adanya perpustakaan tentu pemerintah akan memperhatikan akan hal itu.

Budaya membaca dan budaya beli buku memang masih sangat minim di tengah-tengah kehidupan masyarakat kita, saya berharap dengan adanya perpustakaan mini di Balai Desa Bangilan ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Jika minat membaca dan kebutuhan akan buku meningkat tentu  pemerintah akan menindaklanjutinya dengan membuat program satu desa satu perpustakaan. semoga Saja. Sekian. Joyojuwoto

3 komentar:

  1. wah keren banget ya sudah difasilitasi sebuah perpustakaan, salut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Hapus
    2. wah seru kayaknya jelajah ke Kalimantan

      Hapus