Jumat, 05 Juni 2015

Adakan Studi Banding Agar Madrasah Tahan Banting

www.4bangilan.blogspot.com- Tuban, 4 Juni 2015- Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Madrasah dan merespon kemajuan serta perkembangan dunia pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Tuban, madrasah-madrasah yang tergabung dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MAN Tuban mengadakan kegiatan rihlah ilmiah atau studi banding ke MAN 1 Malang. 

Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, dan Waka Kesiswaan se Kabupaten Tuban ini selain di ngarsani oleh ketua KKM MAN Tuban Bapak Saifuddin Yulianto, M.Pd.I juga di handayani oleh Kasi Pendma Bapak Muhlisin Mufa, M.Pd.I. Sejatinya Bapak Kakemenag Tuban pun akan ikut serta dalam rombongan studi banding, namun sayang karena kesibukan, Pak Abdul Wahib urung berangkat. Namun niat beliau untuk ikut dalam kegiatan peningkatan mutu pendidikan ini patut diajungi jempol. Hal ini menjadi penanda akan kekompakan diantara para pemangku kebijakan dalam dunia pendidikan di Kabupaten Tuban khususnya Madrasah untuk bersama-sama menjadikan Madrasah lebih baik dan bermutu.

Jika para Stake Holder Pendidikan Madrasah di Kabupaten Tuban telah menempatkan diri pada posisi Ing Ngarsa Sung Tulada (KKM sebagai ujung tombak Madrasah), dan Tut Wuri Handayani (Pendma yang memberikan dukungan dan motivasi dari belakang), tentu kita yang berada di tengah-tengah lingkungan pendididikan untuk segera merapatkan diri untuk Ing Madya Mangun Karsa (Madrasah-madrasah ) , agar tercipta sinergi yang baik diantara tiga segitiga jalur rotasi pendidikan yang ada di Bumi Wali kita tercinta ini.


Studi Banding sangat diperlukan untuk melihat dan membandingkan dalam arti positif tentang kondisi Madrasah kita dengan Madrasah lain yang kita anggap lebih progres dalam bidang-bidang tertentu yang mungkin menjadi kelemahan Madrasah kita. Dan yang paling penting menurut Ketua KKM Tuban Pak Saifuddin adalah unsur silaturahmi yang harus di galakkan diantara Madrasah-madrasah, agar tercipta harmonisasi pendidikan berlabel Madrasah khususnya di Kabupaten Tuban.

Tuan rumah studi banding MAN 1 Malang menyambut rombongan dari Tuban dengan sangat welcome dan penuh kekeluargaan. Senada seperti apa yang disampaikan oleh ketua KKM Tuban, selain kegiatan yang bersifat akademis sejatinya unsur silaturrahmi juga sangat penting dalam kegiatan ini, begitu yang disampaikan oleh Kepala Madrasah MAN 1 Malang dengan senyumnya yang mengembang.

Pertemuan studi banding yang diadakan di  aula masjid MAN 1 Malang berjalan gayeng hingga tak terasa waktu telah siang. Selanjutnya untuk menyempurnakan kegiatan studi banding rombongan diajak berkeliling ke ruang-ruang administrasi , ruang perpustakaan dan ruang-ruang waka yang perlu dikunjungi secara langsung oleh yang berkepentingan. Setelah dirasa cukup rombongan berpamitan kepada seluruh keluarga besar MAN 1 Malang.


Lepas dari kegiatan studi banding rombongan rehat menuju tempat-tempat wisata belanja dan wisata-wisata lain yang ada di Kabupaten berhawa dingin itu, sambil menikmati kesejukan suasana alam yang berpadu dengan gemebyarnya dunia modern. Semoga kegiatan studi banding ini tidak hanya berhenti pada kegiatan seremonial belaka namun di follow up bersama agar cita-cita untuk menjadikan "Madrasah lebih baik, lebih baik Madrasah" menjadi kenyataan. Amien. Joyojuwoto.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar