Kamis, 08 Januari 2015

“Etika dan Tata Cara Makan yang diajarkan Rosulullah”

“Etika dan Tata Cara Makan yang diajarkan Rosulullah”

Makan adalah aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia guna memenuhi kebutuhan tubuhnya. Sebagai seorang muslim hendaknya kita memperhatikan apa yang kita konsumsi sehari-hari. Karena Allah pun memerintahkan kita untuk memperhatikan apa yang kita makan. Allah berfirman :
فلينظر الإنسان إلى طعامه (عبس : 24 )
“Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”
Memberi makan pada tubuh adalah kewajiban seorang hamba kepada dirinya sendiri. Jika ia lapar maka hendaknya ia makan karena itu adalah hak tubuh kita yang harus kita penuhi. Rosulullah Saw bersabda :
إنّ لجسدك عليك حقّا
“Sesungguhnya tubuh mempunyai hak yang harus kamu penuhi (HR. Bukhari-Muslim)
Jadi makan yang kelihatannya sepele ternyata mendapatkan perhatian yang sangat serius dalam Islam.  Allah pun memerintahkan kita untuk makan dan minum guna memenuhi kebutuhan kita dan tidak berlebihan sehingga merugikan tubuh kita.
كلوا والشربوا ولا تسرفوا... (الاعراف : 31 )
“Makanlah dan minumlah kalian semua dan jangan berlebih-lebihan….
Mengapa al Qur’an melarang kita untuk makan berlebihan ? Ketahuilah bahwa sanya sumber dari penyakit manusia awalnya adalah dari pola makan yang tidak sehat. Jika makanan yang kita konsumsi baik makan akan memberikan manfaat buat tubuh kita, begitu juga sebaliknya jika makanan yang kita konsumsi mengandung zat-zat yang berbahaya maka tentu akan merugikan organ-organ tubuh kita. Oleh karena itu Islam mengajarkan kepada umatnya untuk makan makanan yang halal lagi baik.  Tidak hanya sekedar halal dan baik saja namun Rosulullah juga mengajarkan agar kita makan sebelum lapar dan mengakhiri makan sebelum kenyang. Ini adalah konsep sehat yang dicanangkan oleh Nabi Kita. Jika kita mengikutinya Insyallah badan kita akan sehat dan terhindar dari penyakit yang berat-berat.

Selain petunjuk diatas Rosulullah juga mengajarkan beberapa etika dalam makan maupun minum yang layak untuk kita jadikan standart hidup sehat di era sekarang. Diantaranya adalah :
1.       Makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan
قال رسول الله صلى الله عليه وسلّم : إنّ الشّيطان يأكل بشماله ويشرب بشماله

“Rosulullah Saw  bersabda : Sesungguhnya syaitan makan dengan tangan kiri, dan minum dengan tangan kiri”
2.       Ketika mengambil makanan hendaknya kita membaca tasmiyah diawal sebelum makan, dan jika lupa hendaknya membaca do’a sebagaimana yang diajarkan nabi.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلّم : إذا أكل أحدكم فليذكر اسم الله تعالى, فإن نسي أن يذكر اسم الله في أوّله فليقل : بسم الله في أوّله و آخره
“Nabi bersabda : Jika diantara kalian makan maka hendaknya membaca asma Allah, dan jika lupa membaca asma Allah di awal, maka hendaknya ia menucapkan : Bismillah fii awwalihi wa akhirihi”
3.       Hendaknya kita mengambil makanan yang ada di dekat kita
Nabi bersabda :
وعى عمربن أبي سلمة رضي الله عنهما قال : قال لي رسول الله صلى الله عليه وسلّم : سمّ الله وكل بيمينك وكل ممّا يلي (متّغق عليه )
“Dari Amar bin Salamah Ra, ia berkata, : “Rosulullah Saw mengajarkan kepada saya : “Bacalah basmalah dan makanlah dengan tangan kananmu, dan ambillah dari yang dekat-dekat kepadamu.” (HR. Muttafaqun ‘alaih)
4.       Tidak memandang makanan dengan pandangan tajam
5.       Hendaknya tidak tergesa-gesa dalam mengunyah makanan
6.       Tidak melakukan suapan yang terus-menerus
7.       Tidak melumurkan makanan pada wajah atau pakaian kita
8.       Hendaknya tidak mencela makanan apapun
Nabi bersabda :
وعن ابي هريرة رضي الله عنه قال : ما عاب رسول الله صلّى الله عليه وسلّم طعاما قطّ إن اشتهاه أكله وإن كرهه تركه. (متّفق عليه )
“Dari Abu Hurairah Ra., ia berkata, “Rosulullah Saw. tidak pernah mencela makanan selamanya. jika ia suka, ia memakannya, dan jika ia tidak suka ditinggalkannya.” (Muttafaqun ‘alaih).

Demikian beberapa ajaran yang dicontohkan oleh Nabi Kita, dan tentu masih banyak lagi etika-etika yang beliau ajarkan. Semoga kita bisa meneladani beliau dan semoga kelak kita termasuk umat yang diakui dan mendapatkan perlindungan darinya. Salam. Jwt. 08.1.2015

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar