Selasa, 13 Januari 2015

5 Niat Belajar Al Qur’an

5 Niat Belajar Al Qur’an
 Oleh : Joyojuwoto

خيركم من تعلّم القرآن وعلّمه ( الحديث)
“Sebaik-baik diantara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya”

Belajar dan mengajar Al Qur’an adalah pekerjaan  yang sungguh mulia dan berpahala, sebagaimana bunyi hadits diatas. Namun sebelum kita belajar dan mengajar Al Qur’an hendaknya niat awal harus kita tata dengan baik. Jangan sampai tujuan kita baik, aktivitas kita baik, namun jika niatnya salah tentu akan rusak segala amal kebaikan kita. Karena sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya.
إنّما الأعمال بالنّيّة
“Sesungguhnya amal seseorang itu tergantung niatnya”
Alhamdulillah kemarin hari Ahad, 11//1/2015, saat Pelatihan Standarisasi Ustadz/ustadzah TPQ se Kecamatan Bangilan yang dilaksanakan di TPQ Al Ihsan Kedungmulyo Bangilan, oleh seorang tutor al Ustadz Muhammad Irhamni dari Mabin An Nahdliyah PP. Langitan memberikan tausiyahnya agar Ustadz/Ustadzah tidak salah niat dalam belajar dan mengajar Al Qur’an. Diantara niat belajar Al Qur’an menurut beliau dirangkum dalam sebuah kalimat شعع   ثمّ  yang beliau jabarkan sebagai berikut :
1.    ث  : الثّواب
Niat yang pertama adalah agar kita mendapatkan pahala dari Allah Swt. Karena tiap huruf dari Al Qur’an yang kit abaca maka kita akan medapatkan pahala dari huruf-huruf itu. Membaca Al Qur’an juga bisa menjadi syafa’at kelak di akhirat. Sebagaimana hadits Nabi :

اقرؤاالقرآن فإنّه يأتي يوم القيامة شفيعا لنفسه
“Bacalah Al Qur’an Karena sesungguhnya dia akan dating pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada yang membacanya” (HR. Muslim)
2.      م  : مناجم
Niat yang kedua adalah dalam rangka kita bermunajat kepada Allah. Tidak ada kenikmatan didunia ini selain kita bisa bermunajat dan bercakap-cakap dengan Allah melalui kitabnya.
3.      ش  : شفاء
Niat yang ketiga adalah membaca dan belajar Al Qur’an dalam rangka menjadi penyembuh sakit kita, baik itu sakit jasmani ataupun sakit ruhani.
وننزّل من القرآن ما هو شفاء ورحمة للمؤمنين
“Dan kami turunkan dari Al Qur’an sesuatu yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman…”
4.      ع  : العلم
Niat yang keempat adalah dalam rangka mencari ilmu. Dengan ilmu manusia akan dimulyakan oleh Allah. Dengan ilmu kehidupan manusia akan menjadi mudah baik itu kehidupan akhirat maupun kehidupan dunia.
5.      ع  : العمل
Niat yang kelima adalah agar kita bisa beramal yang sesuai dan berlandaskan al –Qur’an. Sebanyak apapun ilmu seseorang tanpa diamalkan maka sia-sia saja.
العلم بلا عمل كالشجر بلا ثمر
“Ilmu yang tidak diamalkan bagaai pohon yang tak berbuah”

Sekian. JWT.13.1.15

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar