Minggu, 23 November 2014

Memaknai "Ngaji Bareng Karo Poro Kyai"

Sejarah baru di Kec. Bangilan dimulai Saat semburat matahari pagi menyinari bumi Bangilan biasanya jalan-jalan lengang dan cenderung sepi, namun pada Matahari Ahad pagi di bulan November 2014 ini tampak lain dari biasanya. Masyarakat berbondong-bondong berpakaian santri berseliweran di jalan-jalan. Sebuah tema sarapan pagi digelar "Ngaji Bareng Karo Poro Kyai"

Bagai laron menuju sumber api, bagai debu ke pusat pusaran badai, masyarakat Bangilan menorehkan tinta emas sejarah, membuka lembaran baru, mendaki tangga-tangga peradapan untuk membangun sebuah dinamika kehidupan yang dinamis dan relegius.

Ini adalah untuk pertama kalinya pengajian digelar dan Insyallah akan dilakukan secara rutin dua minggu sekali di Ahad pagi. Sebuah dinamika yang menawarkan masa depan cerah buat generasi yang gemilang. Tradisi "ngaji" khususnya di kalangan Nahdliyin biasanya dilakukan pada event-event tertentu di bulan-bulan besar Islam, namun pengajian ahad pagi ini akan menjadi pendobrak dan terobosan baru guna membuat tradisi baru yang lebih produktif. Bukankah telah kita sepakati bersama bahwa dalam kaidah yang populer di tengah kita bahwa :


 المحافظة على القديم الصالح والأخد بالجديد الأصلح

"Memelihara nilai-nilai terdahulu yang sudah baik, dan mengambil nilai-nilai baru yang lebih baik"


Mengaji adalah sebuah tradisi yang sudah mengakar di kalangan kita, dan model pengajian Ahad pagi bisa menjadi sebuah hal baru dan trend positif serta style modern yang diminati oleh masyarakat sekarang. Semoga Pengajian Ahad pagi ini mampu membuka cakrawala berfikir masyarakat lebih relegius dan dekat dengan Tuhannya. Agar tali nubuwwah tetap bisa kita genggam erat di zaman yang kering dari nilai-nilai Ilahiyah. Dan fenomena Iqra' di goa Hira' yang terjadi beberapa abad silam terulang dalam konsep yang berbeda tentunya dizaman sekarang. . Amien. Jwt/Ahad pagi 23/11/2014.


Ket. Foto-foto diambil dari : https://www.facebook.com/pages/Keramat-Dopyak-Bangilan-Kabupaten-Tuban/555223004609433?fref=ts

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar