Selasa, 12 Agustus 2014

Napak Tilas Santri PP. ASSALAM Bangilan Tuban 2014

"Khutbatul Iftitah"

"Kan kuingat di dalam hatiku
Kan kukenang selama hidupku
Kenangan khutbatul iftitah
Di B.P. Pondok ASSALAM
Sadar patuh disiplin itu mahkota kita 2x"

Lagu khas Khutbatul iftitah di Pesantren ASSALAM Bangilan dinyanyikan dalam kegiatan Napak Tilas perjalanan Pondok Pesantren ASSALAM Bangilan. Kegiatan rutin yang dilaksanakan di lokasi pesantren lama di desa Sidokumpul Kec. Bangilan ini diikuti sekitar seribu santri yang masih aktif menuntut ilmu di balai pendidikan pondok pesantren yang didirikan oleh Abah Yai Abd. Moehaimin Tamam.

Dalam Khutbah Iftitahnya Abah Yai selalu mengingatkan kepada santri-santri baru bahwa "Yang akan kau petik enam tahun yang akan datang adalah niatmu yang sekarang nak !," Dawuh beliau. Lebih dalam lagi Abah menegaskan, "Niatnya baik hasilnya akan baik, " "Niatnya hitam hasilnya juga akan hitam,"Niatnya putih hasilnya juga akan putih"

بدايته نهايته
"Awalnya menentukan akhiranya"
Oleh karena itu
 تنبّه للحادث الأوّل فإنّ فيه الصعود أو الهبوط, الموت أو الحياة, التقدّم أو التّأخّر 

"Berhati-hatilah terhadap kejadian yang pertama, karena di dalamnya terdapat perkembangan atau penurunan, kematian atau kehidupan, kemajuan atau kemunduran" 

Beliau Abah Yai juga menegaskan bahwa : 
النتائج تتّبع المقدّمة فسادا وصلاحا 
وإن صلحت المقدّمة صلحت, وإن فسدت المقدّمة فسدت
"Hasil itu bergantung itu pada rusak ataukah baiknya permulaan, jika baik permulaannya baik pula hasilnya, dan jika rusak permulaannya rusak pula hasilnya"
 
Sebab itu santri-santri perlu menata hati dan yakin bahwa usahanya dalam menuntut ilmu di pondok pesantren ASSALAM Bangilan akan berhasil. Keyakinan itu sendiri perlu diusahakan dengan memperbanyak doa :
ربّنا وأقسم لنا من اليقين ما تهوّن به علينا مصائب الدّنيا

Karena kita berilmu, kita beramal untuk mendapatkan ridho Allah
  
نحن نعمل نحن نعلم حبّا لرضى الله تعالى
سلام السلام ...سلام السلام

Niat belajar itu untuk menuntut ilmu, sedang ilmu itu cahaya dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yang penuh maksiat.
 
   العلم نور ونورالله لا يُهدى للعاصي

Sekian. Jwt.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar