Kamis, 08 Mei 2014

Beri Kesempatan anak untuk bias membantu orang lain



Beri Kesempatan anak untuk bisa membantu orang lain

Mengapa ?
Bisa membantu orang lain akan membuat anak merasa berguna, bangga dan percaya diri. Seringkali orang tua mengabaikan hal ini dan menganggap anaknya masih terlalu kecil untuk bias berbuat sesuatu bagi orang lain. Anak kecil selalu dilayani dan jarang diberi kesempatan untuk melayani orang lain. Salah satu alas an adalah pekerjaan yang dilakukan seorang anak balita bias memakan wktu yang jauh lebih lama sehingga orang tua merasa kurang sabar dan telaten. Orang tua merasa lebih praktis dan cepat jika pekerjaan ini dilakukannya sendiri saja. Padahal kesempatan untuk bias melakukan sesuatu untuk orang lain sangat berharga buat anak. Karena itu, orang tua perlu meningkatkan kesabaran dan ketelatenan untuk menunggu dan membimbing.

Bagaimana ?
-          Minta tolong pada anak untuk melakukan beberapa pekerjaan sederhana seperti mengambil sesuatu yang berada dalam jangkauannya, seperti melipat pakaian, menata meja makan, merapikan Koran, dan sebagainya.

-          Jika ada adik kecil, libatkan pula anak dalam kegiatan pengasuhan seperti menyanyi untuk adik, menata pakaian adik, memegangi botol adik, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar