Jumat, 31 Januari 2014

Beri kesempatan anak untuk bertanggung jawab dan mengurus keperluannya sendiri yang sederhana

Beri kesempatan anak untuk bertanggung jawab 
dan mengurus keperluannya sendiri yang sederhana.

Naila, Bu Luluk, Naura
Mengapa ?
Dalam kalangan keluarga kelas menengah dan atas di Indonesia anak-anak cenderung manja, kolokan, dan tidak mandiri. Salah satu penyebabnya adalah pelayanan dan pengasuhan yang berlebihan. Semua kebutuhan anak disiapkan pembantu dan anak tidak mempunyai kesempatan untuk belajar mandiri. Akibatnya, ketika anak berajak dewasa, dia juga masih belum terbiasa untuk bersikap mandiri. Orang-orang disekitar menuntut dia untuk bersikap dewasa dan mandiri.

Bagaimana ?
-          Buatlah gambar barang-barang yang anak-anak bawa ke sekolah (kotak bekal makan siang, sapu tangan, botol minuman, dan sebagainya). Doronglah mereka untuk memeriksa daftar tersebut sebelum meninggalkan sekolah untuk memastikan bahwa semua barang tersebut sudah ada.
-          Taruhlah barang-barang keperluan pribadi anak seperti sikat gigi, sisir, pakaian dan sebagainya pada tempat (lemari atau rak) yang bisa dijangkau anak. Jika tidak, taruhlah kursi pijakan. Dengan membiarkan anak mengambil dan mengembalikan barang-barang itu sendiri, kita telah menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa keberdayaan pada anak kita.
-          Doronglah mereka untuk membereskan tempat tidur sendiri.
Selamat mencoba !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar