Rabu, 08 Mei 2013

Kewajiban Seorang Guru Terhadap Muridnya


Kewajiban Seorang Guru Terhadap Muridnya

1.      Mengasihi anak didik dan memperlakukan mereka layaknya anaknya sendiri. Rosulullah SAW bersabda : “ Sesungguhnya aku bagi kalian adalah layaknya orang tua bagi anaknya, aku akan memberikan pengajaran kepada kalian..”.
2.      Tidak menjadikan pendidikan sebagai sarana untuk mendapatkan imbalan dan ucapan terima kasih, akan tetapi menjadikannya sebagai sarana untuk memperoleh ridha Allah dan mendekatkan diri kepada NYA.
3.      Tidak berhenti  menasehati anak didik akan tetapi selalu memanfaatkan kesempatan untuk menasehatinya.
4.      Menjauhkan anak didik dari akhlaq yang buruk melalui sindiran dan bukan ucapan yag jelas, dengan kasih sayang dan bukan dengan celaan.
5.      Memperhatikan tingkat kecerdasan anak dan berbicara dengan mereka sesuai dengan kemampuan akal mereka. Disamping itu juga tidak menyampaikan sesuatu kepada mereka diatas tingkat pemahaman mereka supaya mereka tidak lari dari pelajaran dan menjadi bingung terhadap apa yang mereka pahami.
6.      Tidak menanamkan kebencian dalam diri peserta didik terhadap ilmu-ilmu tertentu. Pendidik sepatutnya memberikan kepada peserta didik keleluasaan mempelajari ilmu yang beragam.
7.      Seorang pendidik sepatutnya memberikan kepada peserta didik ilmu yang sederhana yang sesuai dengan kemampuan dirinya, dan tidak memberikan sesuatu yang rumit supaya akal sang anak tidak terbebani dengan berat.
8.      Seorang pendidik sepatutnya mengamalkan ilmunya, sehingga ucapannya tidak membohongi perbuatannya. Allah SWT berfirman :

كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ
“Sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan” (ash-Shaf : 3)


أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنسَوْنَ أَنفُسَكُمْ وَأَنتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ أَفَلاَ تَعْقِلُونَ

“Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedang kamu melupakan dirimu sendiri ?” (Al Baqarah : 44)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar