Sabtu, 15 Desember 2012

Hidup Indah Dengan Qona’ah


Hidup Indah Dengan Qona’ah
                Rosululloh SAW Bersabda :
“Seandainya anak cucu Adam diberikan sebuah lembah yang terdiri dari emas, maka niscaya dia akan berharap untuk mendapatkan lembah emas yang kedua.”

Begitulah memang fitrah manusia, selalu merasa kurang dan kurang. Ia hampir tidak pernah merasa kenyang dan  dari lapar dan dahaga keduniaan. Jika manusia dibiarkan dalam kebebasannya maka hal itu akan mengancam eksistensi kemanusiaannya. Tak ada mampu membuat manusia puas, bagai meminum air garam semakin diminum semakin haus saja. Manusia tidak akan berhenti untuk mengejar dunia hingga kebinasaan yang akan menghentikannya dan tanah pekuburan yang akan menyumpal mulut nafsunya.
Lihatlah gunung-gunung, hutan, pasir, air, habis memenuhi tuntutan hidup manusia. Namun kebahagiaan tak kunjung ditemukannya. Ia terus merasa kurang hidup terasa hampa, kering dan tak menemukan ketenangan seakan ingin ia telan dunia dan seisinya ini untuk memenuhi hasrat hidupnya.
Benar sekali apa yang telah disabdakan oleh Nabi kita, itulah memang watak dasar manusia. Oleh karena itu manusia membutuhkan perangkat untuk mengawal dan mengarahkan keinginannya. Sikap Qona’ah adalah salah satu software yang bila diinstalkan ke dalam jiwa manusia akan memberikan efek yang menjadikan manusia menjadi tenang dan bahagia, jiwanya akan aman dan di protec dari serangan virus-virus yang menjadikannya tidak tenang dan bahagia. sebagaimana tuntutan dalam doa’a sapu jagadnya:
ربّنا اتنا في الدّنيا حسنة وفي الاخرة حسنة
“Wahai Tuhan kami berikanlah kehidupan dunia kami indah dan begitu juga dengan kehidupan akhirat kami”
                Untuk qona’ah seseorang haruslah banyak bersyukur terhadap nikmat yang telah Allah karuniakan kepada kita.  Sedikit atau banyak mari kita syukuri dan kita terima dengan ikhlas. Orang Jawa bilang “Nrimo Ing Pandum”. Adagium nrimo ing pandum jangan kita konotasikan dengan sikap apatis dan tidak mau berusaha. Namun dibalik makna nrimo ing pandum tersirat sikap qona’ah dan keyakinan akan kekuasaan dan kemaha-adilan Tuhan. Ada semacam energy positif yang terkandung didalamnya sehingga memberikan efek indah dan bahagia dalam menjalani hidup. Tidak merasa kurang walau mungkin kekurangan dan tidak merasa berpunya walau mungkin berlebihan rizkinya. Ora adigang adigung adiguna. Qona’ah dan Nrimo ing pandum. Salam Bahagia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar