Minggu, 16 Desember 2012

BBM Langka Ngonthel Aja !!!

Hari ini BBM di wilayah Bangilan dan sekitarnya mengalami kelangkaan. Menurut salah satu kios bensin yang tadi pagi saya temui beliau harus berangkat pagi-pagi sekali untuk mendapatkan bensin. Itupun harus ke Lasem untuk mendapatkan stok bensin. Oleh karena itu bensin ditingkat eceran disekitar Bangilan harganya naik dari Rp 5.000,00 ke level harga Rp. 6.000,00. Walaupun dari SPBU harga bensin masih berkisar Rp 4.500,00 per liternya.

BBM memang termasuk hasil alam yang tidak dapat diperbarui, sehingga wajar harganya tiap tahun cenderung naik. Oleh karena itu kita sebagai pengguna harus bisa berhemat BBM. Semuanya tentu kita mulai dari diri kita sendiri. 

Sekarang memang sudah jamannya naik motor. dari anak kecil sampai dewasa, dari masyarakat miskin dan yang kaya semua hampir dipastikan naik motor. Baik itu menempuh jarak dekat lebih-lebih jarak jauh yang tentu memang kita membutuhkan kendaraan bermotor.
Sebenarnya jika kita tinjau ulang kegiatan kita bermotor kadang memang kurang produktif dan cenderung ke arah life style saja. Seperti anak-anak sekolah yang rumahnya dekat seharusnya lebih produktif jika naik onthel. Selain lebih sehat juga mengurangi tingkat polusi udara dilingkungan sekitar kita. Dan tentu kita bisa lebih menghemat uang belanja kita. Alhamdulillah karena keadaan mulai hari kemarin saya berangkat sekolah harus ngonthel. Memang saya berbicara seperti ini bukan karena ideologis semata namun juga karena keadaan yang mengharuskan saya menjual motor saya dan beralih ke onthel. Semua memang harus kita syukuri dan kita ambil hikmah dan manfatnya saja, sehingga hidup kita terasa indah dan bahagia.

Memang ironi jika kita lihat dari sudut kepemilikikan sumber minyak yang melimpah bangsa ini terus dilanda keterbatasan BBM. Bagai anak ayam yang kelaparan di lumbung padi ibaratnya. Hal ini harus menjadi perhatian serius dari pemerintah agar kelak kita tidak terus bermasalah dan disibukkan dengan hal yang sama. Selain dari faktor pemerintah kita sendiri juga harus bisa menjadi problem solving bagi permasalahn yang ada disekitar kita. Minimal mari bersama membatasi penggunaan BBM dengan mengurangi aktifitas naik motor jika memang tidak penting dan jarak yang kita tempuh relatif terjangkau. Salam Ngonthel Salam Sehat. JWT

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar