Minggu, 25 November 2012

Jika anda merasa perlu memasukkan anak anda dalam kelompok bermaian atau taman kanak-kanan, pilihlah lembaga yang sesuai dan baik.

Jika anda merasa perlu memasukkan anak anda dalam kelompok bermaian atau taman kanak-kanan, pilihlah lembaga yang sesuai dan baik.

Mengapa ?
Ada banyak kelompok bermain dan taman kanak-kanak terutama di kota-kota besar. Lembaga-lembaga ini menjanjikan dan menawarkan berbagai macam keunggulan dengan biaya yang bervariasi. Tentu saja, lembaga-lembaga ini mencantumkan moto dan tujuan yang bagus-bagus.
Orang tua perlu benar-benar selektif agar bisa memilih lembaga yang terbaik untuk anaknya.

Bagaimana ?

-          Beberapa faktor dalam membuat pertimbangan untuk memilih lembaga yang sesuai : mutu, program, mutu guru dan staf, fasilitas bermain dan belajar, jarak dengan rumah, biaya.
-          Orang tua berhak menanyakan mengenai faktor-faktor tersebut di atas kepada pengelola lembaga. Bahkan beberapa lembaga memberi kesempatan bagi orang tua calon siswa untuk meninjau dan mengamati proses belajar mengajar serta fasilitas yang ditawarkan.
-          Beberapa kriteria dasar yang bisa dipakai dalam penilaian mengenai mutu program dan guru, fasilitas bermaian dan belajar.
-          Perhatian terhadap individu siswa memadai : kelas kecl (tidak lebih dari 12 dan untuk kelompok bermaian, selaian guru kelas, perlu asisten guru)
a.       Guru dan staf adalah profesional pendidik yangmenyayangi anak-anak
b.      Kurikulum sesuai dengan tahapan perkembangan anak
c.       Arena belajar dan bermaian bersih, sehat, aman, dan nyaman (sirkulasi udara baik, pencahayaan cukup, lokasi serta peralatan aman buat anak-anak)
d    Komunikasi antara lembaga dan orang tua terjalin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar