Rabu, 07 November 2012

Jangan mempermalukan anak di depan umum


Jangan mempermalukan anak di depan umum

Mengapa ?
Apabila anak melakukan kesalahan ini di depan umum, orang tua perlu bersikap bijak dalam mengatasi anak. Banyak orang tua langsung menegur, membentak, bahkan memukul anaknya di depan banyak orang. Tindakan ini memberikan dampak yang sangat buruk pada anak. Jika hal ini terjadi berkali-kali, anak akan merasa minder atau bahkan meningkatkan kebandelannya sebagau bagian dari mekanisme pertahanan harga dirinya.

Bagaimana ?
v  Jangan pernah memarahi apalagi membentak anak anda di depan orang lain, apalagi orang yang tidak begitu dia kenal. Tindakan ini sangat merendahkan harga dirinya dan menjatuhkan rasa percaya dirinya. Jika dia melakukan sesuatu kesalahan di depan orang lain, tahan emosi anda dan tunggu saat dimana hanya ada anda dan dia untuk memberikan teguran.
v  Jika hal itu tidak mungkin dan kesalahannya harus dihentikan saat itu juga, gunakan sinyal-sinyal non verbal halus yang tidak menarik perhatian orang lain, seperti pasang wajah serius, arahkan tatapan mata padanya, tunjukkan jari telunjuk atau panggil namanya dengan intonasi sedikit lebih tinggi.
vJika anak anda mengabaikan sinyal-sinyal non verbal di atas, upaya terakhir adalah memanggilnya keluar dari hadapan orang-orang lain dan menegurnya sendiri. “Anton, ayo kita masuk ke kamar. Ayah perlu bicara dengan kamu.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar