Minggu, 07 Oktober 2012

Bacalah

Membaca adalah sesuatu yang luar biasa. Kita awal dimasukkan ke sekolah Tingkat Kanak-kanak (TK) diajari mengeja dan membaca kata. Rentetan dan susunan kata membentuk semacam keajaiban yang dahsyat. untuk itu kita memang harus membaca. Dan revolusi dunia terbesar sepanjang sejarah pun dimulai dengan kalimat bacalah. Dari sebuah sudut goa yang sempit  goa Hira' Risalah kenabian disampaikan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena mari mengawali sejarah dengan membaca sehingga keajaiban di goa Hira bisa terulang kembali. Menggeser zaman kegelapan dan menggantinya dengan zaman yang penuh cahaya keilmuan.

Saya pun masih ingat gemblengan yang selalu dipompa-pompakan oleh Kyai saya "Ojo ngaku-ngaku dadi santri yen durung cinta membaca" Jangan pernah mengaku menjadi santri kalau belum cinta membaca. Begitulah pentingnya membaca bagi santri. Dengan membaca jendela dunia akan terbuka cakrawala berfikir pun akan semakin luas menyala-nyala. Masihkah kita malas dan enggan membaca ?

Membaca biasanya sangat terkait sekali dengan menulis. Menulis adalah aktivitas membaca dengan yang lebih komplit. Selain mengoptimalkan membaca lisan menulis adalah cara membaca dengan gerak. Dan seorang penulis yang baik kebanyakan adalah pembaca yang baik juga. Jadi kalau kita ingin jadi penulis yang baik tentu kita harus mengawalinya dengan membaca terlebih dahulu. Jadi mari membudayakan cinta membaca. Karena membaca adalah ibadah. 

.......اقرأ باسم ربك الّذي خلق

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar