Minggu, 23 September 2012

Bimbinglah anak dalam meningkatkan perkembangan bahasa tulis


Perkembangan bahasa tulis dimulai jauh sebelum anak bisa menulis huruf pertamanya. Kegiatan-kegiatan menggambar, menggunting, dan menempel merupakan rangkaian dari proses perkembangan bahasa tulis.

Implikasinya adalah untuk memacu anak agar bisa membaca dan menulis, tidak benar jika orang tua memaksakan kehendaknya dan mengharapkan anak bisa membaca dan menulis dalam sekejap.

Yang bisa dilakukan orang tua adalah menciptakan atmosfir belajar yang nyaman dan menyenangkan buat anak. Atmosfir belajar ini bukan hanya terdiri dari buku dan pencil melainkan juga kegiatan-kegiatan lain seperti yang sudah disarankan sebelumnya.

Lalu bagaimana melatih anak anak dalam meningkatkan perkembangan bahasa tulis ?
-          Sekali-kali minta anak untuk membuat gambar dari dongeng atau cerita yang pernah anda bacakan. Gambar ini bisa disertai dengan satu dua patah kata yang sudah dikuasai anak.
-          Buat papan komunikasi dirumah. Papan komunikasi ini bisa terbuat dari whiteboard dengan beberapa magnet untuk menempel pesan dan gambar atau selembar gabus (styrofoan) yang dilapisi kain atau kertas berwarna dan dihiasi pinggirannya. Atau anda bisa juga menggunakan dindin dan pintu kulkas.
-          Letakkan papan komunikasi ini di salah satu pojok rumah. Jangan gantung papan terlalu tinggi supaya anak anda bisa menjangkaunya.
-          Yang bisa ditempel di papan komunikasi ini :
a.       Gambar atau foto kenangan
b.      Hasil karya anak dari sekolah
c.       Klipping koran atau majalah
d.      Karcu ucapan dari teman atau kerabat
e.      Surat kepada anak berisi pesan positif atau pujian.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar