Kamis, 02 Agustus 2012

Amal Utama di Bulan Ramadhan


Amal Utama di Bulan Ramadhan

Ini adalah sebagian amal utama, yang sudah selayaknya bagi seorang muslim untuk bersungguh-sungguh mengamalkannya pada malam-malam yang berkah ini.  Ini adalah sebagian amal utama, yang sudah selayaknya bagi seorang muslim untuk bersungguh-sungguh mengamalkannya pada malam-malam yang berkah ini. Kita memohon kepada Allah swt agar memberikan pertolongan kepada kita semua dan juga kepadamu untuk menjalankannya.

Diantara amal-amal utama ini adalah:

1. Siyam
    Rasulullah saw bersabda:

«مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَاناً وَاحْتِسَاباً، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدّمَ مِنْ ذَنْبِهِ». (متفق عليه)
Siapa yang berpuasa karena iman dan dalam rangkan mencari pahala di sisi Allah swt, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni. (muttafaqun ‘alaih).

2. Qiyam (shalat malam).
    Rasulullah saw bersabda:
«مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَاناً وَاحْتِسَاباً، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدّمَ مِنْ ذَنْبِهِ». (متفق عليه).
Siapa yang melakukan qiyam (shalat malam) di bulan Ramadhan karena iman dan dalam rangka mencari pahala di sisi Allah swt, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni. (muttafaqun ‘alaih).

3. Shadaqah (sedekah).
    Rasulullah saw bersabda:
أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ صَدَقَةٌ فِيْ رَمَضَانَ
(أخرجه الترمذي عن أنس والبيهقي في الشعب والخطيب في التاريخ، قاله المناوي).

Shadaqah yang paling mulia adalah shadaqah pada bulan Ramadhan
(HR At-Tirmidzi dari Anas, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, dan Al Khathib Al Baghdadi dalam Tarikh Baghdad, demikianlah ucapan Al Manawi dalam al faidhul Qadiir syarh Jami’ Ash-Shaghir).

Selain amal-amal diatas pada bulan Ramadhan kita juga dianjurkan untuk, banyak Qira’atul Qur’an (membaca Al Qur’an), beri’tikaf, melaksanakan umroh, bermujahadah untuk mendapatkan malam seribu malam (lailatul Qodar), banyak berdo’a dan beristighfar serta menjalin tali silatur rahim.

Semoga pada puasa di tahun ini kita mampu meraih derajat muttaqien. Amien.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar