Minggu, 15 April 2012

Jelang UN Tuban 2012


Kemarin, 14 April 2012 Seluruh instansi pendidikan tingkat SMA/MA/SMK di Kabupaten Tuban mengambil berkas Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012 di kantor Polres Kab. Tuban. Awalnya pengambilan berkas Ujian Nasional pada tahun ini langsung diambil oleh Panitia dari masing-masing Sub Rayon, yang kemudian sub rayon akan mendelegasikan berkas tersebut ke Polsek-Polsek yang berada di wilayah masing-masing yang kemudian akan diteruskan ke sekolah-sekolah penyelenggara.  Namun ternyata kemarin pelaksanaannya tidaklah demikian, sekitar pukul 09.00 WIB sekolah penyelenggara menerima telpon dari ketua sub rayon bahwa masing-masing sekolah harus mengambil naskah Ujian Nasional sendiri-sendiri ke Polres yang nantinya akan di kawal dari pihak Polsek.


Walau sebenarnya di Juknis Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2012 tidak mencantumkan tata hal yang demikian, namun seluruh jajaran yang terkait dengan penyelenggaraan Ujian Nasional kali ini sepakat untuk melaksanakan hal tersebut guna mengantisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan di lapangan, seperti kebocoran soal dan hal-hal lain yang akan mengganggu proses dan jalannya pelaksanaan Ujian Nasional khususnya di wilayah Kab. Tuban. 

Sebenarnya menurut saya sendiri terlalu berlebihan jika Ujian Nasional yang notabenenya dilaksanakan oleh Instansi yang berfungsi untuk mendidik dan mengembangkan sumber daya manusia harus mendapat perlakuan yang sedemikian over dari berbagai pihak . Ternyata sebegitu mahal dan susahnya mencari sebuah kejujuran dan kepercayaan di negeri ini. Sampai-sampai seakan-akan pemerintah tidak percaya dengan apa yang dilakukan oleh masyarakatnya sendiri. Dan tentunya fenomena ujian nasional ini akan terus berlangsung jika kebijakan pemerintah dalam sistem Pendidikan Nasional khususnya lagi dalam hal Ujian Nasional ini tidak ada perbaikan ataupun perubahan. Salam UN'12.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar