Rabu, 11 April 2012

ASAL USUL DESA NGEPON DAN WALI PUNJUL


ASAL USUL DESA NGEPON DAN WALI PUNJUL
Salah satu objek peninggalan purbakala yang cukup pontensial adalah makam wali punjul yang terletak di desa Ngepon, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban. Sebuah peninggalan bersejarah yang perlu dilestarikan eksistensinya sehubungan dengan awal masuknya agama Islam ke tanah Jawa dengan “WALI SONGO”nya.
Legenda tentang asal usul desa Ngepon dan makam wali punjul di mulai abad XV di jawa tengah yang mana berdiri kerajaan Demak dengan rajanya yang pertama adalah Raden Patah. Beliau menantu syekh Maulana Malik Ibrahim (sunan Ampel). Pada suatu ketika Raden Patah ingin mendirikan sebuah masjid sebagai tempat peribadatan agar kainginannya di kabulkan oleh ALLAH beliau menyelenggarakan upacara besar –besaran oleh karena itu beliau meminta bantuan dari sunan Ampel yang berupa hewan.
Maka beliau mengutus seorang  punggawa  kerajaan yang bernama Abdul Rokim, yang mana beliau di utus untuk menghadap sunan Ampel di Surabaya, setalah ia tiba di Surabaya ia mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya kepada sunan Ampel, tak lama kemudian sunan Ampel mengulurkan seruas bambu  yang mana salah satu ujung tersebut tersumbat daun lontar, sunan Ampel berpesan agar Abdul Rokim tidak membuka benda ini di tengah perjalanan.
Dalam perjalanan ia heran atas sumbangan yang diberikan sunan Ampel tersebut, Setelah berhari-hari menempuh perjalanan yang penuh mara bahaya, di tengah perjalanan ia beristirahat untuk melepas lelah ia beristirahat di bawah pohon yang rindang, rasa penasaran yang bertubi-tubi akhirnya ia membuka tutup bambu itu, dari bambu itu keluarlah beberapa ekor kerbau yang berlarian kesana kemari.
Ketika itu, Abdul Rokim amat gugup, takut bercampur menyesal karena telah melanggar pesan kanjeng sunan Ampel. Untuk mengobati perasaan itu, ia mencoba untuk menangkap hewan –hewan itu. Saat ia menangkap hewan tersebut, hewan tersebut berubah menjadi batu, begitu seterusnya. Ia amat menyesal dan berdosa lalu ia bersimpuh di tanah untuk bertobat. Nah, tanah yang di tempati itu amat berdebu sehingga seluruh badannya menjadi penuh debu basa jawanya adalah KEPON / NGEPON yang berarti duduk / tidur-tiduran di atas tanah itu sebabnya sampai sakarang desa  itu di namakan desa Ngepon bahkan sampai sekarang di desa Ngepon tersebut masih dapat di jumpai adanya bongkahan batu-batu yang amat besar menyerupai kerbau, yang mana salah satu tersebut di beri nama Dadungawuk.

Sedangkan nasib Abdul Rokim amat takut, ia tidak berani ke Demak karena takut mendapat murka Raden Patah ia memutuskan bersembunyi di tempat itu sambil menyiarkan agama islam di daerah sekitarnya agar kesalahannya di ampuni oleh ALLAH, di dalam persembunyiannya ia masih merasa  was-was, agar merasa lebih aman akhirnya Abdul Rokib mengucapkan pamali “semua punggawa yang  masuk di kawasan ini akan mendapat celaka” dan akhirnya sampai saat ini, masyarakat desa Ngepon masih memegang mitos tersebut bahwa baik pegawai maupun pejabat Negara yang menginjakan kakinya di desa Ngepon agar melepas sepatu biar di anggap sebagai rakyat jelata.
Telah cukup lama Abdul Rokim menempati  kawasan itu orang-orang di sekitarnya mulai berdatangan untuk berguru karena  begitu termashurnya, murid – murid Abdul Rokim menyebut beliau sebagai orang yang Pinunjul, sehingga ketika beliau telah wafat beliau lebih sering disebut sebagai Mbah Punjul.
Demikianlah asal usul Desa Ngepon Dan Wali Punjul.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Telepon:+62 877-8303-2269
    WhatsApp:+62 877-8303-2269
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7 miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia (BI) karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini melalui llow informasi kontak
    (e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    BalasHapus
  2. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus